Kamis, 18 Juli 2013

Makan Semangka Yuk..... ^_^

Bismillah,
Buka puasa itu enaknya dengan yang menyegarkan... betul tidak? hehehe,,, Setelah mengkonsumsi segelas air putih hangat dan kurma saatnya menikmati yang seger-seger... Lebih baik jangan langsung mengkonsumsi air es ya cz ga bagus buat tubuh kita, salah satunya yang saya rekomendasikan adalah buah Semangka... karena  menikmati semangka segar bisa menyegarkan tubuh.Kita mulai yuk cerita tentang buah Semangka... ^_^...
Beberapa Manfaat Buah Semangka : 
  1. Kandungan air dan kalium yang ada pada daging dan kulit semangka sangat bermanfaat bagi penderita hipertensi dan mampu menstabilkan tekanan darah.
  2. Dengan meminum jus semangka setiap hari, anda dapat terhindar dari penyakit kronis seperti stroke dan diare yang parah.
  3. Memakan buah semangka akan memperlancar saluran kencing anda,ini sangat baik bagi anda yang sering susah buang air kecil.
  4. Buah semangka memiliki kandungan antioksidan yang tinggi, begitu juga dengan biji semangka yang mampu mencegah dan mengobati penyakit kanker. Kandungan antioksidan dalam semangka mencakup beta-karotin dan vitamin C yang tinggi yang dapat menyehatkan sel-sel tubuh.
  5. Semangka mengandung Likopen yang mampu meningkatkan gairah pria. Bukan hanya itu, buah semangka juga mampu menambah tingkat kesuburan baik pria maupun wanita.
  6. Buah semangka memiliki kandungan serat yang tinggi dan terbebas dari lemak, sehingga sangat baik dikonsumsi oleh Anda yang sedang dalam program diet atau penurunan berat badan. Juga sangat bermanfaat bagi Anda yang mengalami masalah obesitas.
  7. Buah semangka bermanfaat untuk mencegah sariawan dan mampu menurunkan demam.
  8. Mengkonsumsi semangka ternyata mampu memaksimalkan kerja jantung.
  9. Buah Semangka memiliki kandungan 6% gula alami dan 92% air, buah semangka juga kaya vitamin A, B6 dan C. Selain itu, buah semangka juga merupakan sumber dari senyawa thiamin, kalium, magnesium, dan scitrulline – asam amino yang baik bagi kesehatan tubuh manusia.
  10. Dari Ibnu Abbas secara marfu, “Semangka adalah makanan, minuman dan raihan (tanaman harum), mencuci kandung kencing, membersihkan perut, memperbanyak air punggung, membantu bercampur, mencerahkan kulit dan mengatasi kelemahan.” (Kitab Ath-Thibbun Nabawi)
Setelah kita tau manfaat dari semangka, kita juga harus pandai memilih Semangka yang berkualitas baik. Berikut adalah beberapa cara untuk memilih semangka yang baik.

Pilih ukuran sesuai. Ada beberapa ukuran yang tersedia; sebagian sangat besar dan berbentuk oval, adapula yang bulat seperti bola basket. Jika Anda tidak berencana langsung memakannya setelah membeli, maka masukkan ke kulkas. Pertimbangkan pula ukuran semangka yang Anda beli, apakah muat di dalam kulkas. Bagaimanapun, semangka dingin rasanya lebih baik dibandingkan semangka yang terkena sinar matahari langsung dan berada di suhu ruangan, terkecuali semangka yang dijual di supermarket, yang tetap baik karena suhu ruangan dingin.

Dengan atau tanpa biji. Semangka tanpa biji biasanya bukan organik, jadi pertimbangkan untuk membelinya jika Anda ingin mengonsumsi makanan alami. Sebagian orang berpendapat bahwa semangka dengan biji terasa lebih manis dibandingkan tanpa biji.

Putar untuk meyakinkan. Pilihlah semangka yang terlihat baik dari luar, lalu putarlah untuk memastikan semua bagian tidak ada yang rusak. Periksalah apakah ada memar, perubahan warna, benjolan, kotoran, atau apapun yang membuat tampilannya tidak menarik. Benjolan biasa terjadi pada saat semangka terjatuh terkena hantaman benda keras. Ini bisa berarti bagian dalam daging semangka akan terpengaruh kesegarannya.

Cari warna terang. Pilihlah semangka yang berwarna hijau terang tetapi tidak menguning, dengan beberapa titik-titik berwarna hijau muda. Titik ini termasuk titik berwarna kuning-keputihan di kulitnya.

Ketuk beberapa kali. Ketuk tidak terlalu keras semangka yang akan Anda beli. Semangka yang baik suaranya terdengar seolah-olah telapak tangan Anda memantul dari semangka. Ini menandakan semangka masih segar dan dagingnya masih keras untuk semangka dengan rasa terbaik. Jika permukaan kulit tidak lembut atau Anda tidak dapat menghancurkannya, berarti semangka terlalu matang. Ini juga bisa jadi dampak dari terlalu lama didinginkan atau kondisi semangka sudah tidak baik.
Menghitung Garis dalam Semangka. Mengutip perkataan Abu Mishar al-Ghassani. “Ayahku apabila membeli semangka suka berkata, wahai anakku hitunglah garis yang ada di dalamnya, jika satu maka dia diciptakan untuk menjadi manis.”(Kitab Thibbun Nabawi)

Tanyakan petugas supermarket. Beberapa supermarket mengijinkan pembeli untuk menukarkan kembali semangka apabila setelah dipotong ternyata rusak. Sebaiknya, tanyakan pada pegawainya tentang kepastian aturan ini sebelum Anda membeli semangka.Jika Anda tidak ingin mengambil risiko semangka rusak setelah dipotong, maka belilah yang telah dipotong. Hanya saja, kemungkinan semangka sudah tidak segar lagi dan lebih gampang menjadi sangat matang.
Perlu diketahui, buah Semangka juga merupakan buah kesukaan Rasulullah loh...Diriwayatkan oleh Abu Daud dan At-Tirmidzi dari Nabi bahwa beliau pernah makan semangka dicampur dengan kurma muda yang sudah masak, beliau bersabda, “Panas di buah ini dinetralisir oleh unsur dingin di buah ini.” ,
Semoga Bermanfaat... Ramadhan penuh Berkah, Cinta, dan RidhoNya... Senyum... Semangat.... ^_^

Tidak ada komentar:

Posting Komentar