Sabtu, 20 Juli 2013

Inspirasi Muda Mulia 3


Bismillah
Alhamdulilah…. Siapa kita? Muda Mulia….Muda Mulia? Soleh, berlimpah, bermanfaat…. Soleh, Berlimpah, Bermanfaat? Saya..saya…Saya… Jargon setiap kali kita mengikuti traning muda mulia ataupun Inspirasi Muda Mulia. Kali ini saya ingin menceritakan kegiatan Inspirasi Muda Mulia 3, dikit aza ya…. Paling prolognya aza nanti ikut aza IMM 4 bareng Pak Jamil Azzaini.. loh, kok ikutan jualan.. hehe.. Sesuatu banget ya hari senin mau sidang tapi sabtu masih berkeliaran di Bandung malah hari minggu ini niatnya mau ikut FIMR yang pembicaranya luar biasa para pelawan arus, yasudahlah setidaknya sabtu ini dah cash baterai di IMM 3. Semoga berkah ilmunya… Aamiin

Dimulai ya…
IMM 3 ini terdiri dari 6 topik dari Kang Rendy Saputra dan Guest Star the MotivArtist bersama Marshanda… Yuk kita kupas topiknya satu-satu…

Topik 1 “Mudah BagiNya”

Orang besar itu terbentuk karena dua hal yaitu : Mimpi dan Masalah…
So, janganlah kita menjadi orang yang terus mengkerdilkan mimpi-mimpi kita dan orang yang selalu melarikan diri dari masalah yang kita hadapi. Yakini dalam hati bahwa impian kita akan terwujud dan kita dapat menyelesaikan masalah.

Dan Sungguh, aku khawatir terhadap kerabatku setelah peninggalanku, padahal istriku seorang yang mandul, maka anugerahilah aku seorang anak dari sisiMu,
( QS Maryam: 5)

Allah berfirman,”Demikianlah.” Tuhanmu berfirman,”Hal itu mudah bagiKu; sungguh, engkau telah Aku ciptakan sebelum itu, padahal (pada waktu itu) engkau belum berwujud sama sekali.”(QS Maryam: 9)

Semua itu mudah bagi Allah, Kondisi yang dialami Nabi Zakaria ga masuk di akal manusia… Istri Mandul dan dirinya sudah tua, mana mungkin memiliki anak tapi dengan izin Allah ga ada yang ga mungkin. So, saat kita memiliki mimpi dan masalah selalu komunikasi ke Allah, mintalah padaNya.

Yang membuat mimpi itu tercapai bukan kita tapi Allah

Topik 2 “Aksikan Yakinmu”

Dan apabila hamba-hambaKu bertanya kepadaMu (Muhammad) tentang Aku, maka sesungguhnya Aku dekat. Aku kabulkan permohonan orang yang berdoa apabila berdoa padaKu. Hendaklah mereka itu memenuhi (perintah)Ku dan beriman kepadaKu, agar mereka memperoleh kebenaran. (QS Al Baqarah : 186)

So yakinkan diri kita, bahwa Allah akan mengabulkan seluruh doa-doa kita… Bahwa Allah akan membantu kita… tapi sesuai syarat ketentuan berlaku, apakah kita sudah mematuhi perintahNya dan beriman kepadaNya….

Selalu ingat “ Proses adalah zona kita dan hasil adalah zona Allah”… berikhtiarlah sebaik mungkin, kejar impian itu dan yakinlah Allah akan membuatnya terwujud… Toh, pada akhirnya tak sesuai dengan yang kita inginkan, yakinlah berjuta hikmah yang terdapat disana dan Allah mempersiapkan hasil yang lebih besar lainnya bila kita terus yakin dengan kekuatanNya..

(Ada salah satu qoute “Banyak orang yang memiliki ide hebat tapi sedikit orang yang menjadi orang hebat” #jleb banget…. Kadang kita memiliki ide luar biasa, yakin kita luar biasa, tapi kesalahan kita adalah lupa melangkah, lupa untuk meneruskan mimpi-mimpi, lupa untuk istiqomah disana, lupa menjalankan mimpi itu sebaik-baiknya…. #tamparan keras buat diri saya….)

Topik 3 “Sinyal dari Allah”

Sesungguhnya dalam penciptaan langit dan bumi, dan pergantian malam dan siang terdapat tanda-tanda (kebesaran Allah) bagi orang yang berakal, (yaitu) orang-orang yang mengingat Allah sambil berdiri, duduk atau berbaring dan mereka memikirkan tentang penciptaan langit dan bumi (seraya berkata), “Ya Tuhan kami, tidaklah Engkau menciptakan semua ini sia-sia; Maha Suci Engkau, lindungilah kami dari azab neraka. ( QS Ali Imran : 190-191)

Perhatikan selalu sinyal-sinyal disekitarmu, mungkin itu adalah sarana terkabulnya mimpi-mimpimu….  Daun yang jatuh, Tetesan hujan yang jatuh dari langit, tidak ada yang kebetulan, Semuanya adalah respon sinyal dari Allah.

 ~From Failure to Hikmah~

Cerita tentang pengalaman pribadi Marshanda… MasyaAllah, luar biasa bagaimana beliau mengambil hikmah dari kehidupan yang beliau jalani… dari kecil ampe sekarang…

Singkatnya cha2 itu terlahir dari keluarga broken home (Mama-papa bercerai saat cha2 berusia 6 tahun dan beliau korban bullying di sekolah), menemukan kenyaman di dunia entertaiment, menjadi sosok yang ambisi dan tak bisa menghargai diri sendiri… dan akhirnya beliau menemukan hikmah dari setiap episode hidupnya?

Cha2 memasukan ini kedalam 3 kotak kehidupan
Failure à Proses à Hikmah

Sebenarnya panjang cerita cha2 tapi di skip ya… ngantuk euy…. Ada qoute bagus dari cha2 “Bila dunia membanting saya sebanyak 10 kali, maka 11 kali saya akan bangkit” So, terus semangat dan jangan menyerah pada keadaan….

Topik 4 “Memahami Bentuk CintaNya”

Saat kita ingin dicintai Allah, lihat kembali pada diri kita.. “Apakah kita pantas dicintai Allah?” Sudah sejauh mana Allah menjadi prioritas kita diatas segala-galanya?

Terkadang kita tidak sadar bentuk cinta Allah… Memahami cinta Allah à
1.      Allah memberi tapi kita tidak merasa ( udara yang mengalir ke paru-paru kita, jantung yang berdetak, mata yang melihat.. sadarkah itu nikmat Allah? Bagaimana bila nikmat itu diambil?)
2.      Terkadang pemberian Allah tidak kita sadari/pahami

Semangat.. Untuk mencintai Allah dan dicintai Allah…

Tinggal 2 topik lagi…. Berhubung mata tinggal 3 watt nanti nonton di youtube aza yo…. Episode 15-20… 2 topik itu adalah “ Lapangkan, maka Dilapangkan” (Intinya kita harus berbagi…. Yakinkan pada diri saat kita melakukan kebaikan pada orang lain maka Allah akan membalas kebaikan pada diri kita) dan “Membunuh bisikan” ( Saat kita melangkah untuk menapaki tangga mimpi akan banyak bisikan yang terus bermunculan dari dalam diri kita maupun orang lain yang membuat kita mundur atau mengkerdilkan mimpi-mimpi kita, yakinkan itu adalah bisikan syetan.. belajar lah dari keluarga Ibrahim dalam menghadapi bisikan syetan… Tips membunuh bisikan syetan… 1)Lawan, 2)Antitesis, 3)Minta perlindungan ke Allah…)

Cukup sekian… Semoga bermanfaat… Jangan pernah menghapus gambar mimpimu biarkan Allah terus mewarnainya agar menjadi gambar yang indah…. Semangat menebar manfaat… ^_^

Tidak ada komentar:

Posting Komentar