Jumat, 01 Februari 2013

Manfaat Teh Hijau dan Madu

Pasti dunkz.. sudah tak asing lagi dengan teh hijau dan madu. Curhat dikit nih, beberapa minggu ini saya sedang senang mengkonsumsi teh hijau dicampur dengan madu walaupun ga tiap hari minimal 2 hari sekali saya mengkonsumsi teh hijau hangat dicampur madu sebagai penganti gula. Secara garis besar tau manfaat teh hijau dan madu. Jelas, teh hijau dikonsumsi untuk mengontrol berat badan dan madu sebagai minuman yang baik bagi pencernaan. Penasaran, akhirnya cari info lebih jauh tentang keduanya.. Kita mulai dari Teh hijau ya..

1. Mengurangi Risiko Penyakit Kanker dan Jantung
Teh hijau kaya akan antioksidan yang memerangi radikal bebas dalam tubuh. Radikal bebas dapat menyebabkan penggumpalan darah, kanker, jantung, hingga kerusakan DNA. Teh hijau juga mampu meningkatkan kolesterol HDL (kolesterol baik) dan menurunkan kolesterol LDL (kolesterol jahat). Tapi ada sumber yang lain mengatakan bahwa tak semua kanker bisa dicegah oleh kanker, kemungkinan hanya kanker kandung kemih saja ini menurut beberapa penelitian.

2. Menurunkan Berat Badan

Menurut beberapa hasil penelitian, teh hijau juga disimpulkan dapat menurunkan berat badan bagi mereka yang suka meminumnya. Lalu bagaimana peran teh hijau hingga sangat dianjurkan untuk mendukung program diet? Berikut keuntungan dari meminum teh hijau:

-  Meningkatkan metabolisme
Penelitian membuktikan bahwa ekstrak teh hijau bisa meningkatkan energi dalam tubuh. Setelah 24 jam, ekstrak teh hijau dapat meningkatkan metabolisme sampai dengan 4%. Hal ini disebabkan oleh tingginya konsentrasi katekin polifenol, antioksidan yang terkandung pada teh hijau. Dengan adanya senyawa tersebut, intensitas oksidasi lemak dan termogenesis (banyaknya kalori yang mampu dibakar tubuh) pun meningkat.
 
- Mengurangi penyerapan lemak dan membantu sirkulasi glukosa
Katekin yang terdapat dalam teh hijau dapat mencegah perubahan glukosa menjadi sel lemak. Teh hijau juga bisa membuat glukosa memperlambat peningkatan gula darah setelah makan, dan mencegah naiknya insulin yang bisa menimbun lemak.

- Mengurangi napsu makan
Dalam sebuah penelitian yang dilakukan oleh ilmuwan dari University of Chicago terhadap tikus, hewan tersebut kehilangan nafsu makan sampai dengan 60% setelah disuntikan esktrak teh hijau setiap hari selama seminggu. Hal ini bersangkutan dengan reaksi gula darah dalam tubuh terhadap teh hijau.

- Penyimpan kalori
Bila Anda ingin menyimpan kalori ekstra di pagi hari, maka sebaiknya ganti kopi dengan teh hijau. Anda juga bisa mencoba untuk meminum teh hijau di sore hari.

3. Panjang Umur
Menurut studi yang dilakukan di Jepang pada tahun 1994, orang yang mengonsumsi lima cangkir teh hijau atau lebih setiap harinya, memiliki risiko kematian lebih rendah pada usia muda daripada yang sama sekali tidak minum teh hijau. Survei tersebut dilakukan terhadap lebih dari 40.000 orang.

4. Mengobati Jerawat dan Eksim
Terdapat banyak produk perawatan wajah yang mengandung teh hijau. Salah satu manfaat terbesar dari teh hijau adalah dapat mencegah serta mengobati jerawat. Teh hijau pun bisa mengatasi eksim atau peradangan kulit seperti melepuh atau berbentuk gelembung kecil yang berisi cairan. Untuk mencapai hasil maksimal, Anda dapat mengonsumsi teh hijau sedikitnya 3 cangkir setiap hari.

5. Kebersihan Gigi
Teh hijau juga bermanfaat untuk membersihkan gigi. Kandungannya melindungi gigi Anda dari racun yang disebabkan oleh fluorida alami. Dengan demikian, teh hijau bisa melindungi gigi serta menjaga aroma napas tetap segar.

6. Awet Muda
Salah satu khasiat dari teh hijau adalah awet muda. Kandungan antioksidan, vitamin C, dan E akan membantu Anda tampak lebih muda. Namun, Anda harus minum teh hijau secara rutin untuk mendapatkan hasil yang maksimal.

7. Meningkatkan Memori dan Kemampuan Bekerja
Teh hijau dapat meningkatkan fungsi kognitif. Anda bisa lebih baik saat menghafal dan bekerja. Epigallocatechin gallate (EGCG) merupakan jenis catechin yang terkandung dalam teh hijau yang dapat melindungi otak dari kerusakan serta memiliki kemampuan untuk mencegah kanker.

Cara terbaik menikmati teh hijau

Untuk mendapatkan manfaat yang maksimal dari meminum teh hijau, perhatikan poin-poin berikut:
  1. Gunakan air hangat, bukan air mendidih untuk menyeduh teh hijau. Air yang terlalu panas bisa merusak kandungan antioksidan pada teh hijau sehingga menghilangkan manfaatnya.
  2. Seduh teh hijau maksimal selama 2 menit. Menyeduhnya terlalu lama akan merusak rasa aslinya. Jika ingin memperoleh rasa yang kuat sebaiknya tambahkan daun teh atau kantung teh saat menyeduh, bukan dengan membiarkan menyeduhnya lebih lama.
  3. Jangan aduk teh hijau saat sedang menyeduhnya. Tindakan ini bisa membuat rasa teh hijau menjadi pahit.
  4. Hindari mencampur teh hijau dengan susu. Kandungan susu bisa mempersulit penyerapan polifenol yang kaya manfaat.
Tapi kita juga harus bijak mengkonsumsi teh hijau karena beberapa penelitian yang mengatakan bahwa teh hijau berbahaya bagi kesehatan, salah satu penelitian yang dilakukan para ilmuwan dari University of Murcia Spanyol, yang membantah kepercayaan luas bahwa teh hijau baik untuk kesehatan. Secara khusus, mereka menemukan bahwa teh hijau mencegah penyerapan asam folat, yang juga dikenal sebagai vitamin B9. Hal ini sangat berbahaya bagi wanita hamil, karena vitamin tersebut mencegah munculnya kelainan janin yang belum lahir.

Anda memiliki masalah jantung atau tekanan darah tinggi harus berhati-hati dalam mengkonsumsi teh hijau, kafein yang terkandung dalam teh hijau bukanlah hal yang baik. Anda bisa mencoba ekstrak teh hijau, karena sudah tidak memiliki kandungan kafein lagi. Namun ada baiknya juga untuk berkonsultasi dahulu dengan dokter atau pakar kesehatan, sebelum memutuskan untuk menurunkan berat badan dengan teh hijau.

Selesai kita menjelajahi dunia Teh hijau kita masuk dunia madu..  Sebelumnya kita simak dulu hadist Rasulullah dibawah ini :
Dari Ibnu Abbas R.A. dari Rasulullah S.A.W. : ”Kesembuhan dari penyakit itu dengan melakukan tiga hal : berbekam, minum madu dan dibakar dengan besi panas. Tetapi aku melarang umatku membakar dengan besi panas itu”. (HR. Shahih Bukhari.)

Okeh, jelas dunkz bahwa madu baik bagi kesehatan.. berikut 7 manfaat madu untuk kesehatan :
1. Mencegah Kanker
Kandungan flavonoids  yang terdapat pada madu serta antioksidannya dapat mengurangi risiko kanker dan penyakit jantung. Sementara itu kandungan karsinogen pada madu bisa mencegah beragam tumor.

2. Meningkatkan sistem imun (kekebalan tubuh)
Madu juga kaya akan zat antioksidan yang dapat meningkatkan kinerja sistem pencernaan tubuh sehingga tubuh menjadi lebih sehat dan bugar. Tidak hanya itu, kandungan Madu mempunyai kandungan nutraceuticals dapat melawan radikal bebas yang masuk dalam tubuh.

3. Meningkatkan Stamina
Menurut hasil penelitian, madu dapat meningkatkan performa (ergogenic) ,yang dapat meningkatkan performa atlet. Madu dapat membantu tubuh mengontrol gula darah dan juga membantu penyembuhan otot serta pemulihan stamina setelah aktifitas berat.

4. Sumber vitamin dan mineral
Madu juga diketahui kaya akan kandungan vitamin dan mineral. Kadar vitamin dan minerl tersebut tergantung pada nektar yang dihisap oleh lebah madu tersebut.

5. Menghalau bakteri dan jamur
Madu juga mengandung zat antiseptik yang berfungsi untuk menghambat pertumbuhan bakteri, hal tersebut mampu menjaga tubuh agar terhindar dari infeksi. Jika seserorang mengalami luka gores ataupun luka bakar, maka madu sering dijadikan obat pertolongan pertama untuk di oleskan sehingga menghindari terjadinya infeksi.

6. Menurunkan berat badan
Berbeda dengan gula yang tinggi kalori dan lukosa, madu mengandung vitamin dan mineral yag dibutuhkan tubuh. Banyak yang meyakini bahwa madu bisa dijadikan obat alami untuk menurunkan berat badan. Biasanya madu dicampung dengan jus lemon diminum pada pagi hari diyakini bisa menghilangkan selulit.

7. Mengobati batuk dan radang tenggorokan
Seperti hanya pada point 6, kandungan anti bakteri pada madu bisa melawan mikrobakteri penyebab radang, bahkan madu dapat membunuh bakter-bakteri yang menyebabkan infeksi pada tenggorokan.

Ehmmm, mungkin segitu aza ya.. semoga bermanfaat... Bijaklah memilih makanan yang masuk ketubuh kita (lagi nasehatin diri sendiri ehmm -_-") Terutama para ibu dan calon ibu.. karena kamu tak hanya memastikan kesehatan kamu saja tapi juga kesehatan kamu dan keluarga terutama lingkaran kecil suami dan anak. Semangat hidup sehat... ^_^ 

Sumber:
http://www.sahabatsehat.info/2012/11/manfaat-madu.html
http://log.viva.co.id/news/read/370680-teh-hijau-berbahaya-atau-tidak--ini-penelitian-para-ahli
http://www.makanansehat.web.id/2012/12/manfaat-teh-hijau-bagi-kesehatan-dan-kecantikan.html
http://www.dnaberita.com/berita-79222--7-manfaat-ampuh-minum-teh-hijau-untuk-kesehatan.html
http://www.preventionindonesia.com/article.php?name=/fakta-teh-hijau-turunkan-berat-badan
http://rumahmadu.com/2008/01/madu-sebagai-obat-dalam-al-quran-dan-al.html

1 komentar:

  1. TOKO BELANJA ONLINE BEBAS RESIKO DAN TERPERCAYA DI LUNA SHOP.BURUAN BELANJA DAN DAPATKAN PROMO BANTING HARGA UNTUK SEMUA PRODUK KAMI Dijual.BlackBerry> Nokia> Samsung> Apple> Acer> Dell> Nikon. beminat hub/sms 0857-5740-7634 atau klik website resmi kami di www.lunashop77.blogspot.com

    Ready Stock! BlackBerry 9380 Orlando Black Rp.900.000,-

    Ready Stock! BlackBerry Curve 8520 Gemini Rp.500.000,-

    Ready Stoc...k! BlackBerry Bold 9780 Onyx 2 Rp.800.000,-

    Ready Stock! Blackberry Curve 9320 Rp.700.000,-

    Ready Stock! Samsung Galaxy Tab 2 (7.0) Rp. 1.000.000

    Ready Stock! Samsung Galaxy Nexus I9250 Titanium Si.

    Rp.1.500.000,-...
    Ready Stock! Samsung Galaxy Note N7000 Pink Rp.1.700.000.

    Ready Stock!

    Samsung Galaxy Y S5360 GSM Pure White Rp.500.000,-

    Nokia Lumia 800 MORE PICTURES.

    Ready Stock! Nokia Lumia 800 Matt Black Rp.1.700.000,-

    Ready Stock! Nokia Lumia-710-white Rp. 900.000,-

    Ready Stock! Nokia C2-06 Touch & Type Dual GSMRp.450.000,-

    Nokia Lumia 710 T-Mobile MORE PICTURES.

    Ready Stock! Nokia Lumia 710 Black Rp. 900.000,- Ready Stock! Apple iPhone 4S 16GB (dari XL) Black Rp.1.200.000,-

    Ready Stock! Apple iPhone 4S 16GB (dari Telkomsel) Rp.1.200.000,-

    Ready Stock!

    Apple iPod Touch 4 Gen 8GB Rp.700.000.

    Ready Stock!

    APPLE iPod Nano 8GB Pink Rp.500.000,-

    Ready Stock! Acer Aspire 4755G Core i5 2430 Linux Blue Rp 1.700.000.

    Acer Aspire One AOD270 10.1 Netbook.

    Ready Stock! Acer Aspire One AOD270 10.1 Rp. 1.000.000,-

    Acer TravelMate TM8481-2462G32 14 Notebook.

    Ready Stock! Acer TravelMate TM8481-2462G32 Rp. 1.400.000

    Acer ICONIA Tab W500 10.1 Tablets Notebook (with Keyboard Docking).

    Ready Stock! Acer ICONIA Tab W500 10.1 Tablets Notebook Rp. 1.100.000,-

    Ready Stock!

    Nikon D7000 kit 18-105mmRp.1.700.000.

    Ready Stock!

    Nikon D90 Kit 18-105mm Vr Rp 1.300.000.

    Ready Stock!

    Nikon Coolpix L 120 Red Rp. 900.000

    Ready Stock!

    Nikon Coo lpix P 500 Black Rp.1.000.000

    BalasHapus