Selasa, 16 Juli 2013

Diet Sehat yuk...

Tiba-tiba kefikiran berat badan euy, cz tadi siang habis nimbang berat badan dan hasilnya... zeng-zeng turun 1 klio berat saya sekarang 46 Kg... Ehmmm,,,, pasti orang ga menyangka kalau berat saya segitu,  asli pipi saya yang tembem&cara saya berpakaian berhasil menyembunyikan berat badan saya. Sebenernya berat normal saya itu 47-48 kg... adeuuuh... -_-:...

Dulu saat SMA saya terbilang gemuk hehe.. pipinya chubby banget... kalau om saya suka bilang " hai MT..." dan saya ngambek... "iihh, bukan MT tapi MC..." padahal sama2 aza artinya cuma beda kata aza,,, cz MC lebih imut loh... hahaha.... MT itu artinya Marina Tembem kalau MC itu artinya Marina Chubby... Wuahhh, berat badan itu selalu diatas 50 kg paling tinggi 54 Kg... wuahhh saat SMA pipinya gembul banget hehe... Secara saat SMA makan tak terkontrol terutama jajan dan konsumsi karbohidrat yang cukup banyak.

Pas kuliah mulai ga nyaman tuh, akhirnya memutuskan untuk diet... Ceritanya diet sehat.. haha... Pola makan yang dirubah dulu makan 1 porsi nasi jadi setengah, ngemil dikurangi, dll.. awalnya tersiksa tuh tapi lama-lama menikmati dan ampe sekarang terbiasa makan sedikit, tapi ada satu makan yang ga bisa di rem untuk makan banyak yaitu empek2 kalau saya makan empek2 udah kayak orang khilaf misal dirumah buat empek2 saya merasa ga butuh nasi lagi udah seharian aza tuh makan empek2... Cinta banget lah ama empek-empek.... Kalau di Jatinangor diet berhasil, kalau di Bangka ehhhmmmmm butuh energi yang luar biasa buat nahan makan.. harus inget prinsip "Berat Badan ga boleh lewat angka 50, Hehehe..." Lebay yak... Dan saya sangat senang minum air putih, kayak onta gitu deh.... Saya sangat jarang mengkonsumsi minuman berwarna kecuali teh, susu, jus.... dan yang paling jarang saya minum adalah minuman bersoda, ga begitu suka aza...

Selain pola makan, yang saya lakukan adalah mensugesti fikiran saya... Saya ga suka bilang " saya gemuk..." dikaca saya slalu bilang "Marina langsing.. Marina Sehat..." hehe.... Kalau lagi jalan "Olahraga, langsing, sehat..."  dan Alhamdulilah berat badan saya turun deh... hehe...  berat badan saya selalu dikisaran 48 kg kalau dah males makan banget atau banyak fikiran bisa ke angka 46 terendah itu 44 kg... itu warning buat saya, yang pertama indikasi pola makan saya yang dah ga beres banget, yang kedua takut berpengaruh pada kesehatan tubuh saya, yang ketiga bahaya nanti ga bisa donor darah lagi deh, cz syarat berat badan minimal pendonor darah adalah 45 Kg. Begitu tips diet dari saya hehe.... Puasa juga bisa bikin langsing asal jangan makan bales dendam aza pas buka liat makanan kayak orang kesurupan.. hehe...

Berikut ada 10 tips diet sederhana, yaitu :
  1. Pertama-tama kenali tubuh sendiri.
    Berhentilah membandingkan dengan tubuh teman-teman Anda. Saat Anda mengenal cara kerja tubuh sendiri, maka akan lebih mudah untuk memenuhi apa yang dibutuhkannya.
  2. Makan secara teratur dengan menu dan porsi yang cukup.
    Seperti kata pepatah, "Makanlah sebelum lapar dan berhentilah sebelum kenyang."
  3. Lebih banyak konsumsi buah dan sayur.
    Orang langsing rata-rata makan lebih dari satu sajian buah dan makan lebih banyak serat dan kurang lemak dibanding orang gemuk. Itu hasil penelitian yang dipublikasikan di Journal of the American Dietetic Association tahun 2006.
  4. Jangan lupakan Sarapan pagi
    Mulailah hari dengan menu dan porsi sarapan yang cukup. Ini akan membantu mengurangi asupan kalori di sepanjang sisa hari.
  5. Perbanyak Minum air putih.
    Cukupi kebutuhan air putih anda minimal 2 liter per hari.
  6. Berolahragalah.
    Jadikan itu sebagai kegiatan yang tidak bisa dikompromikan lagi.Ber-aerobik dengan musik kesukaan bisa menjadi aktivitas yang menyenangkan. Ajak keluarga untuk ikut bergerak. Awalnya mungkin agak aneh mendengarnya. Tapi begitu Anda mulai, bisa-bisa Anda lupa berhenti.
  7. Bebas Gula
    Cobalah 2 minggu tanpa gula. Rasanya luar biasa mengetahui napsu makan Anda yang biasanya tak bisa dipendam berangsur-angsur menghilang.
  8. Jangan melakukan tindakan ekstrim.
    Tindakan ekstrim maksudnya seperti sama sekali tak makan demi kurus dalam waktu cepat. Yang terbaik adalah makan dalam porsi sedikit, yang mencakup tiga nutrisi yang dibutuhkan tubuh dan dua camilan tiap hari untuk metabolisme yang lebih efisien.
  9. Gosok gigi segera
    Setelah makan malam segera gosok gigi untuk mengingatkan diri Anda bahwa waktu makan sudah habis.
  10. Jangan sekali-kali kompensasikan perasaan ke makanan.
    Kebiasaan yang sangat tidak baik bila kita makan berlebih di saat-saat perasaan kita sedang buruk ataupun terlalu gembira. Pada umumnya orang yg terlalu terbawa emosi sesaat agak susah mengontrol pola makannya. (Sumber disini )
Banyak hal yang membuat marina berpikir, kenapa perlu mempertimbangkan berat badan, Normal... yang utama tentu untuk kesehatan, masa depan, tentunya persiapan tubuh marina saat nanti hamil,,, cz tubuh terlalu gemuk dan terlalu kurus berpengerahui bagi kesehatan ibu dan janin.... Langsing itu bukan masalah estetika, enak dilihat karena tubuh proposional atau gampang pilih baju... Tapi bagaimana kita mensyukuri hidup ini? dengan menjaga kesehatan dan makan sesuai dengan porsinya.. Kan Allah ga suka yang terlalu berlebihan.... Pengingat diri juga... Menjaga kesehatan tubuh pun adalah bentuk ibadah loh... Semoga bermanfaat...Semangat hidup sehat... Ramadhan penuh berkah.... Senyum.... ^_^...

2 komentar:

  1. Hai ayuk... Kalau diriku, 19 tahun dg BB max 45 kg (cuma 2X seumur hidup). susaaah banget naik gampang bgt turun. termotivasi naikin BB biar bisa donor. BB berhasil naik (smp 50 kg), tapi ga donor2... selalu barengan pas 'dapet'. waktu itu jadi susaaah turun. eh sekarang makan ga makan, capek ga capek, BB stabiiiilll ajah ideal gituuhh.. ;P #sombong #gaadaygtanya #pamer haha #biarmakinmengenal

    BalasHapus
  2. hehehe..... gitu ya... bagus dek, d stabil kan terus aza.... InsyaAllah ade saat e donor darah... ^_^

    BalasHapus