Senin, 15 Juli 2013

Karakter.... ^_^

Ketika hasil feeling extrovert ini keluar, hal pertama yang dikatakan adalah, “Mba, pasti kalo nonton film sedih nangis, dan biarpun nontonnya lebih dari sekali masih nangis juga..” I was like..” Yeaaaaa..” Intinya bahwa saya adalah orang yang peka terhadap perasaan orang lain, saya memiliki Social Quotient yang sangat tinggi, dan di dalam hidup saya mengejar CINTA! Yes.. Cinta.. ternyata saya ingin dicintai banyak orang! This thing will keep me going.. :-P Kerja otak dominan saya adalah otak kanan belakang! Nahlo.. Dan semua hasil tersebut membawa saya pada potensi2 apa yang bisa saya garap. Bahwa keunggulan saya di bidang sosial ini cocok apabila saya bekerja daam pekerjaan yang banyak bertemu orang dan berbicara, bahwa saya mampu menjadi seorang negosiator ulung, saya adalah seorang yang memiliki potensi menjadi public speaker yang baik, and I’m a very good listener etc.. So based on that, sebenernya saya akan cocok menjadi seorang pembicara publik, diplomat, dosen, pengacara, psikolog, politisi, negarawan, artis, dll!   :-D  And what really excites me was, dalam mencari materi saya cocok menjadi seorang OWNER! Yes.. exactly what ‘s been on my mind and what I wanna be! Seharusnya saya adalah orang yang unggul ketika meminta orang lain mengeksekusi ide2 yang datang dari kepala saya. Namun saya ngga cocok mengejar harta, saya adalah pencari cinta.. Saya akan sangat bahagia ketika ada orang lain yang berhasil atau terbantu, sebagian karena jasa saya, dan ketika saya mengejar cinta itu, harta akan mengikuti dari belakang saya! hehehe.. ini kata analis sidik jari loh yaaa.. But guess what, all of them are true how i feel!
 
That also makes sang teman saya bertanya-tanya.. “So why the hell are u talking abut money! You re not a friend of numbers dan jujur deh, kamu itu orangnya boros kan?!” again I was like ” :-0 You are a cenayang!!!” hihihi… Saya pun ngga mengelak. Yup, saya ga terlalu akrab dengan hitung-menghitung, dan yesss saya memang boros aslinya! So?? That wud be my weaknesses.. ternyata tes ini pun mampu menganalisa berbagai kekurangan diri yang harus dicarikan solusi. Ternyata saya orangnya moody dan bosenan, makanya ga suka angka itu bukan karena ga bisa.. cuma ga mau ribet aja.. Gitu katanya.. Ga usah pake ternyata, emang iya kok.. hehe.. Jadi suami saya harus bisa nih membaca  ciri2 saya saat sedang ga mood dan menjaga kestabilan mood saya supaya ga berantem :-D
 
Ternyata saya suka berbagi, ternyata saya suka berbicara di depan publik, ternyata saya sangat senang berbagi ilmu, ternyata saya sangat senang ketika ada orang lain merasa terbantu karena saya, dan ternyata saya senang mengedukasi! Ketika saya tau belum banyak orang Indonesia yang cerdas finansial I got really excited on sharing this with others.. Mungkin saja emang pas ketemunya isu yang berhubungan dengan angka, tapi that s really not my point! I love to share the idea.. Let others do thing with the numbers, I just wanna give them the right perspective about money in llife!  :-D That’s why I’m the owner rite?! Jadi sekarang tambah yakin untuk fokus jadi seorang financial educator, what I need to do now adalah mempertajam ilmu berbagi dan juga yang pasti memantaskan, diri ketika ingin menjadi pembicara yang hebat.. tentu memantaskan diri secara finansial :-) Urusan hitung menghitung tinggal hire si otak kiri yang suka berhitung kan..
( Tulisan ini dari sini)....


Teringat pembicaraan saya bersama wiwin waktu itu, saat buku hasil test  STFIn temannya diperlihatkan ke saya.. dicoba-coba sendiri ternyata hasilnya saya seorang feeling extrovert.. iseng tuh cari di mbah google, salah satunya ketemu blog yang memuat tulisan ini dan ternyata apa yang dia rasa sama seperti yang saya rasa. Nonton film diulang-ulangpun tetep nangis, moodnya yang Subhanallah harus saya kontrol sedemikian rupa, dan alhamdulilah Allah menganugerahkan rasa berbagi.

Dalam otak saya selalu berfikir " Saya harus kaya, supaya bisa bantu orang lain...." Bahkan saya pernah ingin jadi pejabat cz pejabat itu punya pengaruh, power, dan memegang kebijakan, dengan itu banyak orang yang bisa saya bantu... sekarang ga kepikiran jadi pejabat tapi jadi istri pejabat aza... loh... hehehe (#plak... kiding)... Semoga dengan potensi yang saya miliki menjadikan bentuk ibadah padaNya dan bermanfaat bagi semesta.

Selanjutnya, saya googling tuh... ketemu tes (MBTI) disini ... Coba ngetes.... dan ternyata karakter saya itu ENFP.... hoho....


Yuk mengenal sosok ENFP... ^_^

The Advocate/The Visionary/The Champion Idealist/The Inspirer
Hanya ada 7% dalam setiap populasi

Secara umum, ENFP dicirikan dgn kelihaiannya membaca orang lain dan menganalisis segala kemungkinan berdasarkan imajinasinya. ENFP sering bosan akan keteraturan dan rutinitas, jarang melakukan suatu hal dengan cara yg sama, dan dikendalikan untuk menyelami hal-hal yg sama sekali baru baginya. Bagi seorang ENFP, hidup adalah suatu petualangan kreatif karena ia melihat potensi positif pada diri setiap orang. ENFP adalah seorang yg menginspirasi dan memotivasi orang lain secara alami. Ia juga senang menolong orang lain untuk bertumbuh dan berkembang sesuai dengan potensinya.

Bila kita uraikan, E berarti Extrovert, N berarti Intuitive, F berarti Feeling dan P berarti Perceiver. Mari kita ulas lebih detail..

Extrovert dicirikan dgn preferensi untuk fokus pada hal-hal di luar dirinya. Seorang extrovert menikmati interaksi sosial dan sangat antusias, banyak bicara, banyak menceritakan pengetahuan dan pengalaman hidupnya, serta ekspresif. Ia menikmati kumpul bersama teman2, saudara, bahkan orang2 asing. Para extrovert cenderung menghabiskan waktu bersama orang lain dan mendapatkan tambahan energi dari interaksi sosial. (Kalau marina sih ga terlalu extrovert banget... tergantung hehehe... disatu sisi bisa menjadi seorang yang extrovert, disisi lain bisa menjadi introvert... tergantung klik atau tidak dengan lingkungan dan seseorang... atau mood.... ehmmm tapi extrovert yang lebih dominan...)

Intuitive dicirikan dgn fokus pemikiran lebih pada masa depan dan berbagai kemungkinan daripada masa sekarang dan fakta. Seorang yg intuitive akan membaca hal-hal yg tidak terlihat secara kasat mata. Ia adalah pemikir abstrak, menemukan berbagai inovasi, imaginatif, idealis, rumit, dan teoritis.

Feeler dicirikan dgn bagaimana seseorang mengambil keputusannya. Seorang feeler cenderung subjektif dan mengambil keputusan berdasarkan pada prinsip dan nilai-nilai hidup. Mereka diatur oleh perasaan daripada pikiran/logika. Seorang feeler biasanya terlihat sangat mengejar impiannya, emosional, lembut, sensitif, mudah memahami orang lain, perhatian, dan hangat.

Perceiver dicirikan dgn preferensi yang ditampilkan di luar. Seorang perceiver adalah orang yg fleksibel, menyukai banyak pilihan dan berpikir secara acak. Mereka sangat spontan, santai, tidak teratur, sering merubah keputusan di tengah jalan, suka menunda hingga detik terakhir.

Tampilan Fisik:
Tinggi langsing akan berpembawaan tenang. Ketika berjalan, jarak antar kaki agak lebar dan memiliki tatapan licik. Kadang ketika sedang tidak aktif akan terlihat ekspresi heran atau takjub. Umumnya, hidung lurus dan proporsional dengan seluruh wajahnya.

Pendek penuh lebih terlihat ekstrovert. Mukanya bulat, tembam, dan bertepian lembut. Memiliki senyum yang indah, tatapan mata berbinar, selalu terlihat dalam mood yang baik.

Pilihan baju dan aksesoris umumnya sangat berkarakter terutama pada wanita. Mereka berpakaian dengan cara yang mengindikasikan selera teatrikal atau dramatis.

ENFP pria dengan pesonanya memiliki perilaku sopan sering sukses dalam menaklukkan hati lawan jenisnya. Sementara ENFP wanita dengan watak yang jenaka atau suka melucu dapat menyebabkan kesalahpahaman pada lawan jenisnya. Jika ENFP wanita ini menangkap lawan jenis menganggap serius apa yang ia lakukan kemudian ia akan menghentikan kesalahpahaman ini bahkan mungkin berubah perlakuan 180 derajat.

Kekuatan: Optimistis, introspektif, inspiratif, ekspresif, kreatif, spontan, eksprimental, wawasan luas, supel, fleksibel, hangat, ramah, pengertian, mengayomi, antusias.

Kelemahan: Pemimpi, pembosan, dramatis, emosional, perfeksionis, plin plan, konyol, ribet

Hobi: Menulis, membuat dan mengapresiasi karya seni, memainkan alat musik, mendengarkan musik, berpartisipasi pada komunitas teater, membaca fiksi.

Bakat Terpendam: Persuasive, kemampuan mendeteksi bakat terpendam orang lain secara akurat,  sangat intuitif, orientasi melayani orang lain, natural leader tapi tidak suka mengontrol orang lain, kemampuan bicara dan menulis yang sangat baik, dapat bekerja secara logis dan rasional, mudah memahami konsep dan teori yang umumnya dianggap sulit, cenderung sukses pada setiap pekerjaan yang menarik hatinya.

Karir Ideal: Konsultan, psikolog, wiraswasta, aktor, guru, penasihat, diplomat, politisi, penulis, wartawan, reporter TV, spesialis komputer, programmer komputer, analis sistem, peneliti, insinyur, desainer, human resource, musisi, marketer, suster, pelukis, public relation, ilmuwan, manajer projek, pekerja sosial, pelatih

Sisi Romantis ENFP
Definisi Cinta: Menemukan seseorang untuk berbagi pengabdian, kesetiaan, dan kasih sayang

Jatuh Cinta: Secara imajinatif. ENFP dapat merasakan cinta dan kasih sayang yang menyerupai kemurnian anak kecil.

Putus Cinta: Lambat dalam meninggalkan suatu hubungan, tetapi ketika telah berhasil menerima kenyataan akan bangkit sangat cepat.

Komitmen: Mencari komitmen seumur hidup.

Pasangan Ideal: INTJ atau INFJ. Seorang pasangan yang mendukung kreatifitasnya dan perhatian, mengekspresikan apreasiasi terhadap kualitas unik yang dimiliki secara terbuka dan sering. (Sumber disini)

Wuahhhh...... Semangat... Semangat..... Mensyukuri segala karunia yang diberikan Allah, Salah satunya potensi dalam diri kita, sifat dan karakter kita... ahhh.... Manusia tidak ada yang diciptakan sempurna, pasti punya kekurangan dan kelebihan... Ayo Semangat... Ramadhan penuh berkah, lejitkan diri menjadi insan bertakwa.... Senyum.... Ceria... Meraih... Ridho... Allah.... ^_^

Tidak ada komentar:

Posting Komentar