Selasa, 04 Juni 2013

Agar Anak Cinta Binatang

Binatang adalah objek yang menarik sebagai sarana belajar anak. Anak sangat senang dan antusias saat melihat binatang . Mungkin ada beberapa hewan yang membuatnya takut tapi beberapa binatang yang ia senangi dan lucu bila diamati, seperti kucing, kelinci, katak, ikan dll.

Allah membimbing kita memiliki rasa cinta pada mahluknya salah satunya pada binatang. Bagaimana kita sebagai orang tua dan pendidik memupuk agar rasa cinta itu selalu terjaga. Anak adalah kertas putih yang memberi corak pada kertas itu adalah kita. Hingga membentuk seperti apa dirinya nanti salah satunya rasa cinta pada mahlukNya.

Banyak hal yang bisa kita lakukan agar anak cinta hewan, mungkin bisa memelihara binatang dirumah atau mengajaknya datang ke kebun binatang yang jelas rasa cinta pada binatang ini harus dipupuk. Ratih Andjayani Ibrahim, psikolog dari Personal Growth mengatakan bahwa orangtua hendaknya memperkenalkan jenis-jenis dan sifat binatang kepada anak-anaknya baik dengan cara menonton acara binatang, bercerita, mengambar, menirukan bunyinya atau mengajaknya ke kebun binatang. Dengan begitu anak akan familier dan akan belajar menyayangi binatang.

Mengajarkan hikmah dari binatang buat anak-anak kita :
1. Binatang menjadi media belajar buat anak-anak kita... Misalkan saat anak melihat kucing, secara berkala kita bisa bercerita tentang kucing... Dari sisi keilmuan,,,kucing itu karnivora (pemakan daging), kucing itu kakinya empat, kucing itu hidupnya seperti ini, dll... atau bercerita keteladanan Rasulullah itu punya kucing namanya mueza, Rasulullah sayang sekali sama binatang, atau cerita sahabat Rasulullah yang suka kucing Abu Hurairah... Jadikan binatang sebagai media menanam kebaikan dalam hati anak-anak kita.

2. Memupuk rasa peduli, kasih dan cinta di hati anak2 kita...

Berbagai ciptaan Allah adalah media belajar buat anak kita... Anak cerdas terlahir dari orang tua yang selalu belajar dan membimbing anak-anaknya.. Jadi jangan pernah lelah menggali kebaikan dan ilmu agar kita bisa memberika bimbingan yang baik untuk anak-anak kita. Ehmmm, nyambung ga ya... Saya berfikir kenapa perempuan diciptakan cerewet? karna pasti Allah punya maksud dengan penciptaannya, salah satunya untuk mendidik dan sarana informasi yang luar biasa bagi anak-anak. So, bagi para ibu manfaatkan anugerah luar biasa ini sebaik mungkin... Masukkan ilmu-ilmu yang bermanfaat ke diri kita, InsyaAllah yang keluarnya pun yang bermanfaat pula... Dan bisa memberikan yang terbaik untuk Anak. Semangat untuk menjadi pembelajar... Nak, Bunda mencintaimu karna Allah.... :')

Tidak ada komentar:

Posting Komentar