Rabu, 26 Desember 2012

Tips Memilih Telur

Berbicara tentang telur... rata-rata banyak masakan bahan utama telur... telur mata sapi, telur dadar, semur telur, sambal telur... itu mah jelas lah mbak... ehmmm... sebagai pelengkap buat bikin cake, baso, empek-empek, rolade, apalagi ya... banyaklah cari diri dah...  (ga banget deh kata-katanya -_-"). tips kali ini adalah tips bagaimana memilih telur yang baik  :)

1. Pilih telur yang bersih, cangkangnya utuh (tidak retak) dan warnanya cerah. Biasanya, warna kulit cangkang telur yang sudah lama terlihat kusam/keruh dan juga dipenuhi dengan bintik-bintik hitam karena pertumbuhan jamur.

2. Bila diguncang tidak terdengar bunyi

3. Bila disorotkan lampu kedalamnya terlihat jernih dan terang

4. Bila dimasukan kedalam air, telur tidak mengapung (tengelam)

5. Jangan mecuci telur yang baru dibeli. sebab pencucian telur sebenarnya hanya akan mempercepat kerusakan

6. Letakkan telur di rak telur dalam lemari pendingin. Posisi telur sebaiknya berdiri dengan bagian yang lebih lebar (tumpul) dibagian bawah. Cara ini membuat posisi kuning telur tetap terletak di tengah

7. kulit telur juga berpori-pori. karena itu jangan menyimpan telur berdekatan dengan bahan-bahan masakan yang baunya tajam seperti bawang atau terasi. kalau anda lakukan itu, jangan kaget kalau telur dadar atau ceplok anda bau bawang atau terasi.

Begitu teman, terus apa sih manfaat telur bagi kesehatan :)
1. Dapat Menjadi Sumber Energi. Anda yang butuh energi extra dan praktis bisa mencoba menambahkan telur sebagai sarapan pagi. Kuning telur dianggap efektif meningkatkan energi tubuh.

2. Menambah Stamina . Jika kuning telur dapat meningkatkan energi tubuh, maka kuning telur pun tidak kalah manfaatnya. Protein dalam putih telur, atau disebut albumin, dapat membantu tubuh menyerap protein untuk membangun otot.

3. Melindungi Mata. Telur dapat melindungi mata dari kerusakan akibat paparan sinar ultraviolet (UV). Lutein dan zeaxanthin adalah dua antioksidan yang terdapat dalam zat pigmen kuning telur dan dapat  membantu mencegah penurunan ketajaman penglihatan (degerasi makula) akibat penuaan.

4. Menurunkan Berat Badan. Telur dapat menjadi salah satu menu makanan bagi Anda yang sedang menjalani diet. Protein yang terkandung didalam telur dapat bekerja sebagai penekan rasa lapar alami.

5. Meningkatkan Konsentrasi. Telur dapat meningkatkan daya konsentrasi Anda karena protein dalam telur bisa membantu meningkatkan kadar dopamin. Dopamin merupakan zat aktif yang berguna untuk memelihara proses konsentrasi.
6. Meningkatkan Daya Ingat. Kolin pada telur dapat membantu perkembangan memori dan fungsi kognitif, serta membantu mengasah memori atau daya ingat otak lebih tajam dan mencegah demensia.

7. Membuat Kenyang. Membuat kenyang sehingga sangat cocok dimakan saat sarapan pagi. 

8. Tidak Memperburuk Kolesterol. Telur memang mengandung sejumlah kolesterol. Namun, kolesterol yang terkandung dalam telur tidak akan memperburuk kadar kolesterol darah Anda. Jadi, Anda yang memiliki kadar kolesterol yang tingga tetap aman mengkonsumsinya, karena tidak meningkatkan risiko penyakit jantung.

Semoga bermanfaat... :)

Sumber:
buku "Mom's Guide" Memilih Makanan Halal (Nura Mayasari, S.Kh)
http://www.ristizona.com/2012/09/manfaat-telur-bagi-kesehatan.html#.UNrvqSJad9g

Tidak ada komentar:

Posting Komentar