Rabu, 09 Oktober 2013

Tanda Awal Autisme

Tantri adalah anak yang periang dan cantik,... Ia sangat mencintai binatang bahkan secara berkala ia melakukan pendataan pada kucing-kucing dirumahnya... lahir kapan, matinya kapan semua ada datanya.. lalu dia sangat care pada kucingnya, shampoo seminggu sekali, ada yang luka dia tau harus diperlakukan seperti dan begitu detailnya tantri merawat kucing-kucing kesayangannya itu. Melihat hobi anaknya ayah menambah koleksi binatang dirumah yaitu ayam dan ikan, wuahh betapa senang hati tantri... Tantri memiliki cita-cita menjadi dokter hewan. Oya, sekarang tantri kelas 1 SMP... doakan semoga tantri dapat meraih cita-citanya.

Tantri adalah salah satu dari banyak anak autisme yang berhasil menemukan passion hidupnya... seperti Albert Enstein menemukan teori relativitas... anak autis itu memiliki tingkat fokus yang tinggi dan mereka terlahir sebagai anak istimewa.. bila kita menemukan titik kelebihan mereka, akan terlahir anak yang luar biasa... So, sebagai orang tua kita harus tau perkembangan anak kita... salah satunya mendekteksi apakah anak tersebut mengalami autisme..

Berikut tanda awal seorang anak mengalami autisme dari pengamatan anak usia 2 bulan sampai 2 tahun menurut American Academy of Pediatrics :
2 bulan: Anak hampir tidak pernah melakukan kontak mata dengan orang lain.

3 bulan: anak tidak tersenyum pada Anda.

6 bulan: anak tidak atau jarang sekali tertawa.

8 bulan: anak tidak mengikuti pandangan Anda ketika Anda menunjukkan sesuatu padanya.

9 bulan: anak belum mulai mengoceh.

12 bulan: anak tidak selalu menengok ketika Anda memanggil namanya, dan ia juga tidak membalas lambaian tangan.

14 bulan: anak  tidak mengatakan sepatah kata pun.

15 bulan: anak sama sekali tidak menunjukkan minat pada apapun.

18 bulan: anak  tidak pernah menunjukkan ketertarikan pada permainan peran. (sumber disini)

ehmmm... setiap orang tua pasti menginginkan anak-anak mereka terakhir sehat,,, tapi terkadang Allah memiliki rencana disetiap cerita kehidupan ini.... Yakinlah seperti apapun seorang anak adalah istimewa, bagaimana kita memberlakukan ia istimewa, membentuknya menjadi istimewa dan menempatkan ia dihati kita secara istimewa... Karena Allah hadirkan setiap hal ke dunia ini dengan maksud,, bersyukurlah atas skenario yang ada.... Senyum.... ^_^

Tidak ada komentar:

Posting Komentar