Rabu, 26 Juni 2013

Donor Darah

Teringat saat saya masih kecil, terkadang ayah sering membawa kacang hijau, telur kampung, dan susu bendera kaleng dalam satu plastik. Suatu saat saya bertanya pada ayah "ayah, ayah dari mana bawa barang-barang itu?" lalu ayah jawab "habis donor darah, yuk". Dalam benak saya saat itu "wah berarti enak dong donor darah banyak dapat makanan.... ntar kalau saya dah gede mau donor darah". Alhamdulilah, Allah memberikan kesempatan untuk merasakan nikmatnya donor darah... Awal donor darah tahun 2009 yang lalu, saya sempat ketakutan karena jarumnya besar tapi Alhamdulilah seiring berjalannya waktu rasa takut itu hilang dan  bila ada kesempatan saya akan donor darah. 

Setelah dewasa saya memahami bahwa donor darah itu bukan tempat saya dapat makanan banyak (hehehe) tapi tempat saya berbagi. Harapannya setiap tetesan darah yang keluar dari dalam tubuh saya bermanfaat buat orang lain dan menjadi sumber kebaikan serta cintaNya. Ada rasa kecewa dan sedih bila saya ditolak olah ibu atau bapak PMI saat tekanan darah saya rendah atau hb saya kurang. Oleh karena itu, selalu saya ikhtiarkan dalam diri saya "Saya harus sehat supaya bisa bantu orang lain"... Adanya pun dengan tubuh sehat kita akan lebih khusyuk beribadah padaNya, walau terkadang saya masih sering bandel juga dengan makan sembarang. "Ya Rabb maafkan hamba yang kurang bersyukur dan kurang bisa menjaga titipanMu ini".

Oya, donor darahpun ga hanya sebagai sarana berbagi tapi bermanfaat juga bagi kesehatan tubuh kita. Manfaat yang bisa kita rasakan antara lain : 

1. Produksi sel baru 
Mendonorkan darah dapat merangsang sumsum tulang belakang Anda untuk memproduksi sel baru. Dengan kata lain, donor darah mengambil darah yang lama untuk diganti sel baru atau regenerasi sel darah. 

2. Cegah radikal bebas 
Donor darah menjaga kadar zat besi dalam tubuh agar tetap normal. "Kalau zat besi berlebihan maka hasil akhir radikal bebas (sifatnya karsinogenik). Kondisi ini dapat berpotensi menjadi kanker," kata dr Yuyun. 

3. Hindari risiko kardiovaskular
Bagi Anda yang rutin mendonorkan darah boleh bersuka cita. Pasalnya, donor darah dapat memicu metabolisme agar aliran darah tetap lancar. Sehingga tak ada lagi penyumbatan darah pada pembuluh darah. Dengan demikian, risiko terserang peyakit jantung dan stroke berkurang.

Sumbernya disini. Ayo donor darah.... Menjadikan seluruh potensi yang ada pada diri kita sebagai saran ibadah padaNYa, ibadah itu ga hanya shalat, puasa, zakat saja tapi semuanya, termasuk saat kita berbagi dan diniatkan hanya untuk Allah semata itupun akan menjadi bentuk ibadah kita padaNya...

Menikmati tahun terakhir di Tanah sunda... Merindumu dan semoga suatu saat nanti bisa kembali lagi kesini untuk menimba ilmu... :')

Tidak ada komentar:

Posting Komentar