Minggu, 02 Juni 2013

Cantik itu Pilihan ?

Setiap perempuan sangat sensitif dengan kata Cantik, bahkan melakukan banyak cara untuk menjadi cantik. Di Korea sana menjadi cantik adalah suatu yang wajib buat seorang perempuan, operasi kecantikan menjamur bagai waralaba makan cepat saji (ga nyambung ya haha). Hadiah ulang tahun ke 17 seorang gadis adalah operasi kecantikan dari orang tuanya. Ahhh, begitu mahalnya cantik itu.... Dulu saat saya masih jahiliyah (maksud loh.....) cantik itu ukurannya fisik, tinggi, putih, hidung mancung dll, makanya dulu saya rada minder karena saya merasa tidak cantik tapi sekarang tidak lagi hahaha, dengan mengenal islam saya merasa cantik intinya bersyukur dengan apa yang Allah berikan dan yakin bahwa Allah menilai diri kita bukan dari fisik tapi dari keimanan. So, saat kamu merasa cantik, berarti kamu cantik? hehe.. Inget cantik itu relatif loh.. tapi kalau kata teman saya jelek itu mutlak.. Upsss... Bersyukur teman.... ^_^

Cantik itu indahnya, cantik dimata Allah dan indah dipandang manusia... Berikut beberapa poin yang membuat kita cantik dunia akherat yaitu 5C :
1. Cantik dengan nilai Tauhid
Kita cantik karena bersyukur dengan apa yang Allah berikan, ikhlas menerima segala yang ada. Bukankah kita diciptakan dengan sebaik-baiknya penciptaan. Allah menciptakan kita ga main-main, apapun yang Allah berikan adalah yang terbaik buat kita. 
Cantik disini juga dapat diartikan bagaimana interaksi kita pada Allah, ibadah2 sunah dan wajib kita... yang membuat kita cantik dihadapanNya.

2. Cantik dengan Ilmu
"Apa pendapatmu melihat cewek cantik tapi pas ngomong tulalit-tulalit? ga enak kan, bahkan dalam hati bilang "udah diem aza... "jadi kayak berbie gitu.. cantik dilihat doang tapi.....???.. So supaya cantik kita juga harus kaya ilmu dan hikmah. filter asupan yang masuk ke fikiran kita, masukan hal-hal positif yang nambah ilmu dan pemahaman kita. Kita bisa dapat ilmu dari mana aza, dari bacaan, tontonan, seminar, diskusi,apa yang kita lihat disekitar.. apapunlah yang bisa nambah ilmu. Buka mata, hati, telinga, pikiran kita agar dapat memetik hikmah dari segala peristiwa.

3. Cantik dengan Senyuman
Dengan menebar senyuman, kamu tidak hanya bersedekah tapi menebar prasangka baik dihati orang yang melihatnya. Ga enakkan lihat muka orang yang cembrut terus.. Konon katanya saat kita tersenyum tumbuh mengeluarkan hormon endropin dan seratonin yang dapat mengurangi rasa sakit dalam tubuh. Saat senyum luruskan niat karena Allah, Jangan senyum maksa atau tebar pesona. Satu lagi senyumnya jangan kelebihan takutnya dikira G........A.

4. Cantik dengan Ahlak
Berahlaklah yang baik, bagaimana kita bersikap.. Kata-kata kita, prilaku kita, sikap kita, semualah... Ga enakkan lihat perempuan cantik tapi pas ngomong penghuni kebun binatang yang sering keluar, ga enakkan lihat perempuan cantik tapi buang sampah sembarangan. Ahlak ini penting bahkan dewasa ini banyak ditemukan sekolah kepribadian. Kita ga perlu sekolah mahal-mahal, kita hanya perlu belajar dari Rasulullah dan para sahabat. Bagaimana ahlak mereka yang indah...
Tentang sikap dan tutur kata, saya ingat teman satu kkn saya dulu. Gadis yang cantik, putih, rambut ikal mode zaman sekarang, hidung mancung, langsing dll. Tapi kalau ngomong kasar dan suka bilang maaf "kampret" jadilah teman-teman kkn memanggilnya "kampret" karena dia suka melontarkan kata-kata itu dan prilakunya ehmmm unik menurut saya (melihatnya aneh..) Hobi cabut bulu ketiak dihadapan temen-temen kkn dan ga peduli walaupun disitu ada cowo.. ahhh,,,,  

5. Kecantikan Fisik
Cantik fisik ga harus kita berdandan dengan make up yang tebal tapi bagaimana kita bisa merawat tubuh kita. Bersyukur pada pemberian Allah dengan cara menjaganya. Menurut saya ga perlulah beli pemutih wajah yang bikin menderita malah aneh, muka putih banget beda ma bagian tubuh yang lain jadi kayak topeng gitu. Bersyukur dengan warna kulit kita, rambut kita (ga perlu di keriting atau rebonding), dan bagian tubuh kita yang lain. Menjaga dan merawat segala pemberiannya.

Buat rambut, penting nih.. walau tertutup kudu dirawat.. keramas 2 hari sekali, kalau perlu beli vitamin rambut, kalau ada budget creambath/hairmask 1 bulan sekali ke salon/bisa dilakukan sendiri. Buat wajah, pake pelembab, wajah harus dibersihin apalagi malam tuh wajahnya dibersihin dulu kasihankan kulit wajahnya seharian dah kena debu,polusi diluaran... pake bedak ga masalah asal jangan pake 1kilo aza ampe putih bener setidaknya dengan pake bedak menghindarkan debu menempel langsung ke kulit wajah dll. Bibir pake pelembab ga perlu pake lipstik yang merona tapi terserah sih....

Untuk perawatan tubuh luluran minimal 1 bulan sekali, pake handbody dll.. perawatan yang lain... Jangan dilalaikan tubuh ini amanah Allah ke kita... Pakaian.. ehmmm.. kalau kata temen saya "cara berpakaian seseorang menunjukan pribadi orang tersebut" ehmmm walau ada orang bijak bilang "Don't judge a book by its cover"... ehmm setidaklah ya,,,, bisa pilih warna, padu warna, buat yang pake rok celana panjang jangan ngintip dll... Ahhh kayaknya yang ini bisa baca-baca lagi yang lain deh... Merawat tubuh itu bersyukur atas nikmat Allah dan aset masa depan... Satu lagi nih,penting..... jangan sibuk sama perbaikan tampilan luarnya tapi dalamnya juga yaitu kesehatan kita oleh karena itu makanlah makanan yang sehat dan bergizi.

5. Cantik dengan Menebar Kebaikan
Cantik itu saat kita punya rasa kasih sayang berbagi pada sesama dan menebar kebaikan. Perempuan cantik itu memiliki rasa peduli, empati, dan pengasih.. So pekakan diri kita pada lingkungan sekitar... Bantu orang-orang yang membutuhkan, pengasih sama yang muda, hormat pada yang tua, dermawan, cinta hewan dan tumbuhan... Jadikan seluruh yang ada pada diri kita sebagai aset penebar kebaikan.

ehmm, bila kita menerapkan 5 C ini.. Insya Allah kita akan cantik dunia akherat.. Sayapun sedang belajar,,Sama-sama belajar yuk.. Bila 5C ini kita terapkan ga hanya kita aza yang senang tapi juga orang-orang disekitar kita... terutama orang tua, kakak, adik, suami, anak dll... Insya Allah akan membuat kehidup kita lebih berkah... Okeh... katakan bahwa "Diriku memang cantik ^_^"...


Tidak ada komentar:

Posting Komentar