Jumat, 01 Februari 2013

Tips Kulit Sehat dan Bercahaya


Setiap perempuan pasti mendambakan memiliki kulit yang sehat, lembut, segar, putih, dan bercahaya. Banyak hal yang dilakukan dari beli produk puluhan Sampai ratusan ribu. Okeh, kali ini saya akan memberi tips bagaimana membuat kulit wajah dan tubuh menjadi sehat yang diambil dari beberapa artikel yang saya baca:

1. Lindungi kulit dari sinar matahari. Merupakan cara yang paling penting dalam merawat kulit, karena sinar matahari dapat menyebabkan kerutan, bintik-bintik, kulit kasar, kering, dan lain-lain. Cara yang bisa dilakukan antara lain: hindari terkena sinar matahari pada waktu dimana sinarnya sedang kuat yakni dari jam 10.00 sampai jam 16.00, gunakan pakaian yang menutupi kulit seperti topi, baju lengan panjang, dan celana jeans, oleskan tabir surya (sunblock) setengah jam sebelum terkena sinar matahari dan oleskan kembali setiap 2 jam.

2. Merawat kulit dengan lembut Pertama, batasi waktu mandi jika menggunakan air panas karena jika terlalu lama madi dengan air panas dapat menyebabkan kulit menjadi kering. Selain air panas, menggunakan sabun yang terlalu kuat juga bisa menyebabkan kulit kering. Dalam bercukur, pastikan mengolesi bagian yang mau di cukur dengan lotion atau gel terlebih dahulu, lalu gunakan pisau cukur yang bersih dan tajam, dan ketika mencukur sebaiknya mengikuti arah rambut, bukan sebaliknya. Dalam mengeringkan tubuh dengan handuk, yang perlu diperhatikan adalah jangan mengusap kulit dengan handuk terlalu kuat, sebaiknya dengan cara menepuk-nepuk secara perlahan.

3. Untuk mendapatkan kulit sehat dan putih, gunakan masker yang terbuat dari bengkuang. Bengkuang diparut lalu dipakai masker wajah. Bengkuang memiliki khasiat memutihkan dan mendinginkan kulit.

4. Untuk mendapatkan kulit cantik, gunakan masker mentimun. Mentimun memiliki khasiat membersihkan kulit muka yang berminyak dan mengurangi gangguan kulit yang gatal.

5. Bagi wanita berjilbab, hindari menggunakan bedak saat beraktivitas berat yang mengeluarkan banyak keringat, karena justru membuat kulit wajah tampak lusuh.

6. Gunakan pelembab setelah selesai wudhu. Tanpa bedak, terutama wanita bercadar. Dengan pemakaian pelembab secara teratur akan membuat kulit terlihat bening.

7. Rawat kulit wajah dengan cara membersihkannya dengan susu pembersih, dilanjutkan dengan penyegar, setiap selesai beraktivitas.

8. Perawatan harian secara alami bisa dengan mencuci muka pakai air teh (yang telah diendapkan semalam).

9. Makan makanan yang banyak memiliki serat, seperti buah, sayur, dll. Karena makanan berserat dapat melancarkan pencernaan dan penyerapan yang lebih optimal. Selain itu, meningkatkan pembersihan kotoran dari dalam tubuh kita.

10. Selain serat makanlah makanan yang mengandung zat antioksidan. Zat antioksidan dapat memperlambat penuaan sel kulit manusia. Zat ini banyak terkandung dalam buah-buahan dan sayuran segar.

11. Makanlah makanan yang bervariasi. Makanan yang mengandung protein dan karbohidrat dari sumber yang berbeda dapat mencegah terjadinya fermentasi di dalam usus besar. Sehingga dapat meningkatkan daya serap nutrisi dalam darah.

12. Asam lemak esensial (lemak baik) juga dapat menjaga kesehatan kulit kita. Asam lemak esensial ini dapat diperoleh dari sayuran hijau, minyak sayuran (labu, bunga matahari, wijen), kacang-kacangan, kacang keledai, biji-bijian, ikan tenggiri, ikan sardin, ikan salmon.

13. Saat bangun di pagi hari, minumlah segelas air putih hangat, lalu dilanjutkan dengan meminum air hangat dengan perasan jeruk lemon. Cara ini dapat membantu pembersihan kotoran yang ada di tubuh kita. Dan membantu menyegarkan tubuh setelah tidur cukup lama.

14. Hindari makanan yang sangat pedas dan makanan yang banyak mengandung garam dapur. Karena makanan yang banyak mengandung sodium dapat menyebabkan pembengkakan di kulit kita.

15. Hindari merokok, minum-minuman beralkohol, dan kafein dalam jumlah besar. Karena dapat menjadikan kulit kita kering dan kusam.

16. Hindari makanan yang mengandung banyak minyak atau lemak yang buruk, seperti goreng-gorengan, santan, dll

17. Rutin berolahraga untuk menjaga kulit yang sehat dan kencang. Olahraga juga dapat mengurangi lemak-lemak di dalam tubuh kita.

18. Minum air putih yang cukup dapat membantu peremajaan kulit manusia. Dianjurkan untuk minum air putih sebanyak 6-8 gelas setiap hari. Bila cuaca sedang panas atau setelah berolahraga disarankan untuk minum lebih banyak lagi. Kulit akan terjaga kelembabannya dan minum air putih yang cukup juga membantu membersihkan tubuh dari racun-racun yang berbahaya.

19. Rajin-rajinlah mengonsumsi apel, jeruk, dan whole grain cereal, karena kaya vitamin C dan E. Menurut Roger A. Clements, Dr, PH, ahli biokimia nutrisi dari Institute of Food Techologist, Chicago, vitamin C berfungsi membentuk kolagen untuk menjaga kulit tetap kenyang dan kenyal, sedangkan vitamin E melindungi membran sel. Kalau bersinergi, keduanya bisa mencegah peradangan.

20. Secara teratur konsumsilah stroberi, raspberry, dan kemiri yang mengandung asam ellagic. Menurut Journal of Investigative Dermatology, asam ellagic dapat melindungi serat elastis, yang bertugas menjaga
struktur kulit tetap utuh, menjaga kekencangan  serta melawan enzim perusak kulit.

21. Konsumsilah cokelat, teh hijau, anggur, dan cranberry yang mengandung flavonoid. Menurut Tara Gidus, RD, juru bicara American Dietetic Association, flavonoid memiliki banyak fungsi, yakni menahan kolagen dan elastin, yang membantu menjaga kulit tetap kenyal, serta dapat mencegah kanker.

22. Gunakan produk kosmetika yang aman bagi kulit. Ada banyak orang yang alergi pada suatu zat tertentu. Bila terjadi kerusakan atau gejala yang tidak beres setelah menggunakan produk kosmetika, segera konsultasikan ke dokter spesialis kulit yang terpercaya.

Semoga bermanfaat.... akan lebih cantik lagi kalau kamu ga cantik dari fisik aza tapi dari dalamnya juga. Dengan selalu bersyukur, berpikir positif dan terus menjadikan dirimu kamu lebih baik..  ^_^

Tidak ada komentar:

Posting Komentar