Selasa, 09 Oktober 2012

Lempah Darat 2012



Dikala perut sedang meronta-ronta…
Disaat asam lambung terus meningkat…
Terdengar lagu kreok-kreok dari alam lambung sana…
Pertanda Alarm lapar telah berbunyi
By Tarian Perut





Wuahhh.. Puisinya keren banget kan… hahahaha… pukul 17.00 perut saya meronta-ronta ingin makan.. Akhirnya menuju dapur dan kita masak seadanya (berhubung didapur kosan ga ada kompor kita modifikasi macigcom jadi tepat masak istimewa terutama anak kosan seperti saya.. hehe). Membuka bahan belanjaan yang dibeli tadi pagi, ada brokoli, kol, dan jamur kancing. Mau dibuat apa? Ehmm kalau dibuat sop dah bosen, dibening apalagi… gmana klau buat Lempah darat saja…? wuahhh Sepakat…Lempah darat adalah makanan khas Bangka, yang bumbu utamanya adalah terasi. Saya sangat suka masakan ini apalagi kalau ditemani sambal belacan dan ikan panggang.. wuahh sangat mengugah selera. Resepnya sebagai berikut (ini versi saya yang anak kosan ya hehe) :

Lempah darat










Bahan
150 gram Jamur Kancing, dibagi dua
150 gram Brokoli, potong menurut kuntum
200 ml air
2 siung bawang merah, dihaluskan
5 buah cabai rawit hijau (karna dikosan ga ada cabai rawit domba&cabe keriting kita pake cabai ini aza ya),haluskan
Terasi/belacan sesuai selera, haluskan
Gula dan garam sesuai selera

Cara pembuatan :
1.      Didihkan air, masukan garam dan gula serta bawang merah,cabai, dan terasi yang telah dihaluskan. Masak hinga mendidih.
2.      Masukan jamur kuping, masak hingga matang setelah itu masukan brokoli tunggu sampai sedikit layu lalu angkat.
3.      Masakan siap disajikan

Tips :
1.      Sebenernya sayuran untuk lempah darat bukan sayuran ini hehe ^_^. karena saya anak kosan (saya bangga jadi anak kosan… lebay.com :b ) semua sayur bisa jadi sayur darat sesuai selera. Sayuran yang biasa dijadikan lempar darat yaitu : Lempah darat keladi (batang talas, ubi talas, labu kuning, terong, pucuk idat, kecipir, kacang panjang dll), lempah darat kates ( buah pepaya yg masih setengah matang, kacang panjang), lempah darat sawi (sawi pahit, timun) dan masih banyak lainnya.
2.      Kita masukan kerang dara atau ikan teri atau suiran daging ikan panggang kedalam sayur darat sesuai selera(kalau kata orang bangka “rampai”)
3.      Terasi/belacan bangka lebih baik. Karena terbuat dari udang asli (promosi nie ye……) bagi ada pengemar terasi harus cermat dalam memilih terasi. Saya paling suka belacan toboali rasanya makyus (terbuat dari undang sungkur kualitas tinggi). Terasi berkualiats adalah terasi yang berwarna coklat dikit kemerah-merahan, tidak berwarna merah sangat atau ungu (hati-hati ada terasi yang memakai pewarna tekstil), baunya menyengat tapi tidak menyengat sekali (karna terasi yang jelek suka mengunakan bahan dasar yang telah busuk atau pun selain udang)
4.      Bila memasak brokoli jangan terlalu matang karena gizinya akan hilang. Jadi cukup masak brokoli asal layu saja.
5.      Biasakan masak tidak mengunakan msg karena tidak baik untuk kesehatan. Racikan gula dan garam secara pas bisa menjadi penyedap yang sehat.

Begitu teman… Lempah darat,, Anda bisa mencoba dirumah dan sangat mudah sekali bukan membuatnya… hehehe… Oya, sebelum saya tutup tulisan ini kita kupas dulu apa sih manfaat mengkonsumsi brokoli dan jamur kancing bagi tubuh kita, simak yo… ^^

-Brokoli (Brassica oleracea var. italica)

Meningkatkan daya kerja otak
Peneliti dari Royal Pharmaceutical Society membuktikan bahwa brokoli mengandung senyawa yang mirip dengan obat-obatan penyakit Alzheimer. Alzheimer adalah bentuk dementia (berkurangnya ingatan) yang paling umum dijumpai di kalangan orang tua yang disebabkan oleh enzim acetylcholinesterase. Brokoli dianggap memiliki sifat anti-acetylcholinesterase paling kuat.

Mengatur tingkat gula darah
Kandungan chromium di dalam brokoli dapat mengatur tingkat gula darah sehingga brokoli sangat disarankan untuk dikonsumsi penderita diabetes.

Menetralkan zat penyebab kanker
Sulforaphan, zat antioksidan pada brokoli dapat membantu tubuh menghilangkan atau menetralkan karsinogenik, zat penyebab kanker. Diketahui juga bahwa zat bekarotin di dalam brokoli mampu mencegah kanker usus besar dan payudara. kanker paru, kanker perut, kanker rahim, kanker mulut, kanker parynx dan kanker larynx

Manfaat brokoli lainnya bagi tubuh :
1. mengurangi resiko terkena gangguan stroke dan jantung
2. memperkecil kemungkinan terjadinya kanker kerongkongan (esophagus)
3. mampu menghancurkan perkembangan sel - sel kanker secara efektif (anti kanker)
4. antioksidan yang tepat bagi tubuh
5. mampu menjaga keseimbangan keadaan di dalam usus besar (kolon)
6. menyembuhkan anemia
7 menurunkan resiko katarak
8. memelihara kepadatan tulang dan mencegah lahir cacat pada bayi.

Kandungan yang bermanfaat dari brokoli ini :
1. Karotenoid
2. Sulforaphane
3. Pro Vitamin A
4. Seng
5. Vitamin C
6. Vitamin E
7. Kalsium
8. Zat Besi

- Jamur Kancing (Volvariella volvacea)

Jamur kancing bagus untuk penderita hipertensi dan penyakit jantung akibat kolestrol. (wuihhh bukan berarti saya mengalami penyakit itu ya na’uzubillah)

Manfaat jamur bagi kesehatan tubuh adalah sebagai berikut:
1. Menurunkan kolesterol darah.
2. Meningkatkan sistem kekebalan tubuh.
3. Mengatasi gangguan pencernaan dan hati.
4. Kaya vitamin dan mineral serta protein.
5. Melancarkan peredaran darah.
6. Menghambat virus HIV-AIDS.

Jatinangor,
9 Oktober 2012

Tidak ada komentar:

Posting Komentar