Rabu, 03 Juli 2013

Terlupakan, tapi Allah tak pernah Lupa

Siapa yang tak kenal dengan Umar bin Khattab seorang amirul mukminin yang terkenal dengan keadilannya, kelembutannya, kerasnya pada yang menyalahi aturan Allah, pembuka Al Quds.... juga Khalid bin Walid, seorang panglima perang yang memiliki julukan "Pedang Allah yang terhunus" berlanjut ke masa berikutnya Umar bin Abdul Aziz, seorang khalifah abasiyah yang mendobrak kebiasaan khalifah sebelumnya dan berhasil mengukir sejarah dalam 2 tahun 9 bulan kesejahteraan dan keadilaan rakyat tercipta, lain lagi pemuda yang satu ini Muhammmad Al Fatih, yang namanya dipuji beratus tahun sebelum ia lahir ke dunia oleh Rasulullah sebagai panglima terbaik yang akan menahlukan Konstatinopel. Serta banyak namanya lain yang mungkin tak bisa saya sebut satu-satu disini.

Bukan mereka yang menjadi pokok cerita disini, tapi orang lain disekitar mereka. Orang-orang yang tak tercatat sama sekali dalam buku sejarah, pasti ada orang-orang hebat yang meliputi diri mereka. Contoh kecilnya saja Muhammad Al Fatih tidak akan menjadi apa-apa bila ia sendiri, ia memerlukan pasukan terbaik yang akan saling bahu membahu menahlukan Konstantinopel? Siapa nama-nama orang yang ada didalam barisannya, kitapun tak tahu. Tapi yakinlah Allah tak melupakan nama mereka satupun dan Allah sudah tetapkan balasan untuk seluruh amal mereka.

Begitupun dengan kita saat ini, memiliki bagian masing-masing dalam menyambut kemenangan islam dan mewujudkan perkataan Rasulullah bahwa pada akhirnya kita kembali ke fase nubuwah. Kita memiliki peranan masing-masing, mungkin ada yang terlihat atau tersembunyi, mungkin ada yang tenar dan di puja banyak orang atau ada yang berada di barisan paling belakang yang siap menjaga dengan kemampuan yang dimiliki.

Pada bagian mana kita mengambil peran?
Pemimpinkah?
Pendidikkah? dan lainnya...
Apapun, yang menjadi potensi dalam diri kita untuk mengapai kemenangan itu.... Di Ibaratkan seperti tubuh saja...Tubuh ikan misalnya... Ada yang jadi jantung yang memompa darah keseluruh tubuh, dua mata untuk melihat, satu mulut untuk makan, insang untuk bernafas, sisik yang melindung diri ikan dll, sisik ikan yang jumlahnya sangat banyak tapi ia terlupakan, bayangkan kalau ikan tak bersisik apa jadinya dia.

Apapun posisi kita sekarang, apapun posisi kita nanti, Jadikan diri kita sebagai bagian yang akan membentuk Rumah kemenangan ini... Bila menjadi pemimpin jadilah pemimpin yang baik, pengusaha yang baik, pendidikan yang baik, insiyur yang baik, amil zakat yang baik, Tentara yang baik, cleaning service yang baik, supir yang baik dan tugas-tugas yang lainnya.. Karena ga semuanya akan jadi pejabat, karena ga akan semuanya jadi guru, karena ga semuanya akan jadi pengusaha ada bagian-bagian kecil seperti tukang kebun, supir, OB, petugas kebersihan.... Ahhh bayangkan kalau semua orang mengerjakan dengan baik tugasnya dan menjalankan karena ibadah padaNya. Sungguh indah dunia....

Tak perlulah kita bangga bila suatu saat kita di posisi atas, karena Allah yang mengizinkan kita ada di posisi itu. Tak perlulah kita merendahkan orang lain karena profesinya, tapi yakinlah bahwa ia memiliki peran membantu kita dan kita sulit bergerak karenanya....

Kita bagaikan huruf-huruf yang tersusun rapi... dan tidak dapat tergantikan antara satu dengan yang lain "Saya anak baik dan soleha" bila "a" ga ada terus diganti "x" jadinya "Sxyx xnxk bxik dxn solehx" samakah artinya beda bukan... Kita semua istimewa, kita semua memiliki bagian untuk perubahan ini, sekecil apapun.. huruf z mungkin jarang digunakan tapi "zebra" akan tidak terdengar "zebra" bila z diganti dengan k. Walau peran kita kecil, walau peran kita tak terlihat, tersembunyi, mungkin rendah tapi yakinlah bahwa Allah tak melihat seperti itu saat kita sungguh-sungguh melakukan karenaNya.... :')

Ayo semangat melejitkan potensi diri dan menjadi bagian perubahan.... jadikan Allah sebagai petunjuk dan pembimbing.... Menjadi bagian apapun itu, yakinlah posisi itu adalah posisi terbaik dari Allah yang akan menghantarkan kita ke surgaNya dan bertemu denganNya.. Hamasah ......... \^_^/

Tidak ada komentar:

Posting Komentar