Selasa, 26 Maret 2013

Sakit Perut



Resiko makan sembarangan adalah sakit perut yang istilah bekennya diare atau mencret-mencret. Kondisi yang saya alami beberapa hari ini. Wuaahhh, bermula dari hari minggu kemarin saya makan makaroni pedes cz kangen banget sama makan snack ringan tersebut yang sering kami bilang snack beracun cz banyak mengandung MSG. Dah lama banget ga makan gituan, aahhh kali-kali bolehlah asal jangan lupa baca bismillah supaya efeknya ga parah-parah amat. Akhirnya saya beli tuh snack, suapan pertama nikmat sampai seuah-seuahan cz pedes banget dan gurihnya itu loh. Berhubung saya maniak pedes habislah tuh makaroni, beberapa jam kemudian terjadi kontraksi hebat pada perut saya dan ya seperti itulah bolak-balik kamar mandi. Supaya ga dehidrasi saya banyak minum air putih dan tetap makan. Tentunya makanan yang sehatlah.

Alhamdulilah, setelah minggu itu senin.. jadilah saya puasa sunah,,, cz selain ibadah puasa juga bermanfaat bagi kesehatan. Saya jadi ingat saat kucing saya sakit, si Abu tercinta diapun melakukan puasa. Kalau saya bahas dengan ilmu saya yang pas-pasan.. dengan puasa lambung kita beristirahat dan ada waktu memperbaiki diri. Alhamdulilah saya kembali sehat dan ga bolak-balik kamar mandi.

Hari selasa, saya makan normal-normal aza kok.. Paginya sempet donor darah, cemas ditolak tuh awalnya cz 2 hari kmaren saya makan mie dan sempet diare jg.. Entahlah, saya slalu berfikir apa yang saya makan berpengaruh pada tubuh saya. Alhamdulilah diterima.. siang makan ayam bakar taliwang (enak bangettt…), pas lagi ngider-ngider cari kontrakan buat temen2 adek, saya kehausan, ngelihat ada es cincau tertarik deh walau rada ragu dikit.. belilah nyes seger masuk ke kerongkongan. Malamnya Masya Allah perut saya kayak diperintil-printil bolak balik kamar mandi 3 kali, dan pagi ini dah 2 kali.. saat tulisan ini saya ketik.. perutnya masih sakit.. Allah, maafin hamba cz nakal makan sembarangan.

Pada kenyataannya, makanan yang masuk ketubuh kita sangat berpengaruh pada kesehatan tubuh jangan asal-asal saja (lagi nampar2 diri nih…). Buat pertanyaan untuk diri, saat saya makan ini bagus ga ketubuh saya? sehatkah? Halalkah? Bersihkah? Enakkah? Enak mah relatiflah ya…  Ada masa-masanya saya sangat bandel, rasanya semua mau dicoba, yang penting halal. Ada kalanya saya kembali insaf kalau makan yang aneh-aneh, Kenapa? Haruslah bersyukur atas nikmat tubuh yang Allah berikan dan tubuh saya bukan untuk diri saya sendiri, ditubuh saya ini terdapat rahim yang akan menjadi tempat tumbuh generasi peradaban. Kalau saya banyak makan aneh-aneh, ga benerlah…

Alhamdulilah, Allah memberi sensor tubuh yang sensitif pada diri saya,,, jadi remnya ga blong… hehe,,,, Makanan itu bisa jadi sumber kesehatan bagi tubuh kita dan sumber penyakit juga. So pilihlah makanan yang baik… Sebenernya lagi ingetin diri sendiri sih.. Terutama para ibu dan calon ibu, Berilah masakan yang terbaik untuk orang-orang yang kita cintai,,, pastikan makanan yang kita sajikan itu Halal, sehat, bersih, baik dan dibuat penuh cinta…. ^_^

Tidak ada komentar:

Posting Komentar