Minggu, 17 Februari 2013

Manfaat Usus Buntu bagi Kesehatan

''(Yaitu) orang-orang yang mengingat Allah sambil berdiri atau duduk atau dalam keadan berbaring dan mereka memikirkan tentang penciptaan langit dan bumi (seraya berkata): "Ya Tuhan kami, tiadalah Engkau menciptakan ini dengan sia-sia, Maha Suci Engkau, maka peliharalah kami dari siksa neraka.'' (QS: Ali 'Imran: 191)

Tidak ada penciptaan di dunia ini yang sia-sia, saya akan sedikit bercerita tentang usus buntu salah satu struktur yang berbentuk cacing yang ditemukan dipersimpangan usus kecil dan usus besar yang dianggap tidak berguna. Sebuah penemuan mengatakan bahwa usus buntu berkembang 32 kali pada mamalia dan berkembangnya usus buntu ada manfaatnya, yakni melindungi bakteri usus yang menguntungkan untuk melawan infeksi.

Sistem kerja usus buntu itu membawa sel darah putih yang membantu melawan infeksi. Pendeknya, usus buntu bertindak sebagai 'rumah aman' untuk bakteri usus yang menguntungkan. Bakteri ini membantu melatih sistem kekebalan tubuh dan dapat mencegah penyakit dengan patogen berbahaya.

Penelitian itu dilakukan Heather F Smith, ahli Biologi Evolusi, dan William Parker, seorang ahli bedah yang mempelajari sistem kekebalan tubuh di Duke University Medical Center di Durham, Carolina Utara, mereka juga menemukan hal lain. Keduanya menemukan fakta bahwa 361 mamalia hidup dari 50 spesies, usus buntu mereka mengalami evolusi hingga 32 kali bahkan 38 kali.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar