Jumat, 28 Desember 2012

Manfaat Tidur dalam Gelap

Tulisan seorang teman kembali mengingatkan saya. ehmmm bahwa tidur dalam gelap baik bagi kesehatan... Ya, saya sangat malas mematikan lampu saat mau tidur.. ztttt malas beranjak dari tempat tidur tepatnya. Entahlah, menjadi sebuah kebiasaan sebelum tidur saya terbiasa untuk membaca. Membaca apapun, dari buku, koran, majalah. Apapun yang menarik saya baca, walau terkadang bacaan tersebut saya tangkap atau tidak maksudnya... atau bacaan itu terus terniang-niang difikiran saya, masuk kealam bawah sadar sampai ke bawa mimpi. Contohnya tadi malam saya membaca artikel disebuah majalah tentang perempuan-perempuan yang berbisnis lewat macam-macam handicraft, pas tidur saya mempi lagi jahit... ckckckck... dan banyak mimpi-mimpi yang lain... ehmmm (ga perlu cerita la yah, ga penting juga kale.. hehe..) saat selesai baca tiba-tiba kaki tak bisa berangkat dan tangan enggan bergerak maunya mata terpejam terus masuk ke alam mimpi.. padahal cuma jalan dikit,tekan stopkontak dan lampu mati deh...Saya harus berubah,, biasakan mati lampu sebelum tidur... Kenapa harus dimatikan?

Ahli biologi Joan Robert mengatakan bahwa tubuh baru bisa memproduksi hormon melatonin ketika tdk ada cahaya, Hormon ini adalah salah satu hormon kekebalan tubuh yang mampu memerangi & mencegah berbagai penyakit, termasuk kanker payudara & kanker prostat. Melatonin termasuk neurotransmiter yang terlibat saat beruang berhibernasi (tidur musim dingin). Kadar melatonin akan tinggi pada malam hari dan selama bulan-bulan musim dingin (serotonin, yang diubah menjadi melatonin, membantu aktivitas siang hari). Saat lampu dipadamkan, kelenjar Pineal akan meresponnya dengan mulai menghasilkan melatonin. Hormon ini akan meningkatkan aktivitas sistem imun, melindungi dari virus, dan memiliki fungsi anti-kanker yang luar biasa. Hormon ini diproduksi saat kita tertidur lelap. Tidur lelap juga akan meningkatkan hormon pertumbuhan manusia secara alami.

Pentingnya tidur di malam hari dengan mematikan lampu juga diteliti oleh para ilmuwan dari Inggris & Israel. Peneliti menemukan bahwa ketika cahaya dihidupkan pada malam hari, bisa memicu ekpresi berlebihan dari sel-sel yang dikaitkan dengan pembentukan sel kanker. Sebuah konferensi tentang anak penderita leukimia yang diadakan di London juga menyatakan bahwa orang bisa menderita kanker akibat terlalu lama memakai lampu waktu tidur di malam hari dibandingkan dengan yang tidak pernah memakai lampu waktu tidur.

Penjelasan ilmiah ini pun ternyata telah dicontohkan oleh Rasulullah sallallohu’alaihi wa sallam pada 14 abad silam:

PADAMKANLAH LAMPU DI MALAM HARI APABILA KAMU AKAN TIDUR, Tutuplah pintu, tutuplah rapat2 bejana2 & tutuplah makanan & minuman”(HR.Muttafaq’alaih)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar