Sabtu, 17 November 2012

Please, Jangan merokok....!!

Bila saya mau jujur.. Salah satu yang tidak saya sukai apa? Asap rokok... Bagi saya asap rokok sangat menyiksa membuat dada saya terasa sesak dan tiada ruang untuk menghirup udara sepuas-puasnya. 2 kejadian tentang asap rokok yang tak terlupakan dan sangat menyiksa ( lebay.com)...

Pertama, perjalanan Bogor-jatinangor via puncak... saat itu saya masih semester awal kuliah jadi ga begitu paham rute mana yang enak k Jatinangor... Subuh itu saya menaiki Bis non AC, bis belum terlalu penuh akhirnya saya duduk di kursi ke 4 dari depan dan memilih dekat jendela ( posisi paling enak karena bisa melihat pemandangan diluar ). Tidak beberapa lama bis jalan juga... Awalnya, tenang, nyaman tapi lama2 saya mengendus sesuatu... tidaaaak itu asap rokok, lama-lama makin banyak tuh asap rokok mengepul dan lebih parah si sopir nyetel musik dangdut ya liriknya astagfiruallah... ehmmm, saya merasa terancam dan posisi saya sendirian... sedih..sedih... lebay yak... akhirnya saya agak berdiri melihat kondisi dalam bis.. Masya Allah ternyata rata-rata bapak-bapak dan ada ibu yang semuanya merokok cuma sekitar 5 orangan ga ngerokok itupun seingat saya tambah saya... depan ngerokok, samping ngerokok, belakang ngerokok.. mau tidur ga bisa, mau nafas enak tersiksa.... Rasanya seperti diruang esekusi hukuman mati diruangan yang di kasih gas beracun... karena saya duduk cuma sendiri di pojokan saya maunya nangis aza (lebay yak... mau ngelawan nanti saya diapa-apain cz wajahnya nyeremin) akhirnya saya banyak doa aza kan salah satu doa yang terkabul adalah doa orang yang teraniaya. Sempat terlintas ingin berdoa keburukkan untuk mereka tapi jadi ingat Ayah, ayah kan perokok juga dan saya pun tak ingin ada yang berdoa yang jelek buat ayah. ehmmm, berujung setelah keluar dari bis saya bisa menghirup udara segar dan ga nafsu makan 3 hari mungkin karena terlalu banyak menghisap nikotin... Pliss yang suka ngerokok di kendaraan umum jangan lakukan itu... hargai perokok pasif.. klau mau ngerokok ditempat yang hanya kamu dan para perokok saja.

Kedua, saat saya KKN di suatu desa... ehmmm, ceritanya kita anak-anak kkn ngadain acara pembukaan dan perkenalan ke warga desa bertempat dikantor desa. Duduklah paling depan para perangkat penting desa.. kades dll... ceritanya saya jadi mc tuh dan deket ma mereka... ehmmm, saya lagi rada flu dan apa yang terjadi 6 orang yang duduk didepan sepanjang acara merokok semuanya... waduhhhh selama 2 setengah jam acara, saya tersiksa... mau ngomel-ngomel saya orang baru... selesai acara, saya telpon ayah... saya bilang gini ke ayah " ayah, tau ga pas lagi acara di kantor desa, ayuk sedih deh." ayah jawab "sedih knapa yuk?" saya menjawab " masa orang-orang dikantor desanya, pada banyak yang merokok... dan saat itu ayuk lagi flu, rasanya ga enak banget yah... ayah, klau lagi rapat jangan ngerokok ya... kasihan orang kayak ayuk yang ga suka asap rokok dan ga enak bilang kalau dia ngerasa ga nyaman.. apalagi posisi ayah yang memimpin rapat... dan ayuk ga mau ada yang berdoa keburukan buat ayah,,,, " mendengar itu diujung telp ayah diam dan lalu menjawab " iya". 

Ayah saya memang seorang perokok, tapi ayah masih menghargai kami yang tidak merokok (ayah, ayuk pengen banget ayah berhenti merokok, ayuk sayang ayah selalu... :') )... Tapi saya bertekad anak saya nanti tidak akan mendapatkan "Ayah" seorang perokok. Saya suka sedih melihat anak kecil yang berdekat-dekatan dengan ayah ibunya yang merokok... seorang ayah yang mengendong bayi sepertinya masih berusia 2 bulan sambil merokok, ibu bersama anaknya dan merokok... dan sering kejadiaan ini terjadi... mengertikah mereka bahwa hal yang mereka lakukan menyakiti buah hatinya, membunuh buah hatinya secara perlahan (lebay yak -__-"). saya pernah membaca sebuah kisah seorang gadis yang menderita penyakit Bronchopneumonia Duplex. Dia bukan seorang perokok tapi ayahnya perokok berat dan selama hidupnya dia harus menghisap asap rokok. Ehmm, akhirnya ia meninggal karena penyakitnya itu... Pahamlah memang hak anda untuk merokok dan kami menghargai hal itu.. tapi plese hargai kami yang tidak merokok dan ingin menjaga kesehatan. Buat para ayah dan ibu yang merokok apakah kalian tak kasihan melihat anak-anak kalian, mungkin mereka terlihat biasa-biasa saat kalian merokok tapi kalian sedang merusak fisik dan mental mereka. mungkin tak bermaksud seperti itu, tapi..... Setidaknya buat kalian yang belum menikah cobalah memperbaiki diri dan ubah kebiasaan buruk kalian... 

Bahaya merokok bagi perokok aktif :
1. Kanker
  • Merokok menyebabkan sekitar 90% kematian akibat kanker paru pada pria dan 80% pada wanita. Risiko kematian karena kanker paru 23 kali lebih tinggi pada pria perokok dan 13 kali lebih tinggi pada wanita perokok dibandingkan pada mereka yang bukan perokok. Riset menunjukkkan bahwa bukan perokok yang tinggal bersama seorang perokok memiliki risiko 24% lebih tinggi untuk mengidap kanker paru dibandingkan bukan perokok pada umumnya.
  • Merokok juga menyebabkan kanker kantung kencing, rongga mulut, faring, pita suara, esopagus, serviks, ginjal, pankreas dan perut.

2. Penyakit Jantung dan Pembuluh Darah
  • Merokok menyebabkan penyakit jantung koroner yang merupakan salah satu penyebab kematian tertinggi di Indonesia. Perokok memiliki peluang 2-4 kali lebih tinggi untuk mengidap penyakit jantung koroner dibandingkan bukan perokok.
  • Perokok memiliki risiko terkena stroke dua kali lebih besar
  • Merokok mengurangi sirkulasi darah karena menyempitkan pembuluh darah arteri. Oleh karena itu, perokok 10 kali lebih berpeluang terkena penyakit pembuluh darah, termasuk disfungsi ereksi/impotensi.
  • Merokok menyebabkan anurisma aorta abdomen (pelebaran lokal pembuluh darah aorta di bagian perut). Risiko kematian akibat penyakit ini tinggi di kalangan perokok ketika pembuluh darah tersebut ruptur (pecah).
3. Gangguan Pernafasan
  • Merokok meningkatkan risiko kematian karena penyakit paru kronis hingga sepuluh kali lipat. Sekitar 90% kematian karena penyakit paru kronis disebabkan oleh merokok.
4. Gangguan Janin
  • Merokok berakibat buruk terhadap kesehatan reproduksi dan janin dalam kandungan, termasuk infertilitas (kemandulan), keguguran, kematian janin, bayi lahir berberat badan rendah, dan sindrom kematian mendadak bayi.
Bagaimana Cara Rokok Merusak Tubuh?
  • Nikotin mencapai otak dalam 10 detik setelah rokok dihisap, lalu menyebar ke seluruh bagian tubuh melalui sirkulasi darah, termasuk pada Air Susu Ibu.
  • Karbon monoksida dari asap rokok mengikat hemoglobin dalam sel darah merah, menurunkan fungsinya dalam menyalurkan oksigen secara penuh.
  • Unsur-unsur penyebab kanker (karsinogen) pada tembako merusak gen-gen penting yang mengendalikan pertumbuhan sel, sehingga sel-sel tumbuh tidak normal atau berkembang terlau cepat.
  • Unsur karsinogen yang bernama benzopiren mengikat sel-sel di saluran nafas dan organ penting lain dari perokok sehingga menyebabkan kanker.
Inilah fakta yang terjadi pada perokok pasif :

1. Anda dapat menjadi perokok pasif ketika Anda menghirup udara yang telah tercemar oleh asap produk tembakau dimanapun Anda berada.

2. Pada orang dewasa, perokok pasif dapat menyebabkan penyakit jantung dan pernapasan yang serius, termasuk penyakit jantung koroner dan kanker paru-paru. Bayi yang menjadi porokok pasif dapat menyebabkan kematian mendadak dan pada wanita hamil akan menyebabkan berat lahir bayi yang rendah.

3. Sekitar 40 persen dari anak-anak yang menjadi perokok pasif, umumnya terpapar asap rokok di lingkungan rumah. Sebanyak 31 persen kematian yang diakibatkan oleh perokok pasif terjadi pada anak-anak.

4. Remaja yang menjadi perokok pasif di lingkungan rumahnya, meningkatkan keinginan untuk mulai merokok sampai dua kali lipat lebih besar dibanding remaja lain yang tidak menjadi perokok pasif.

5. Para perokok pasif memiliki beban ekonomi hingga 10 persen untuk keperluan biaya kesehatan terkait paparan asap rokok.

6. Area merokok yang terpisah atau ventilasi tidak melindungi orang yang non perokok dari asap rokok. Asap rokok tetap dapat menyebar dari area merokok menuju area bebas rokok, bahkan jika pintu antara dua daerah tersebut tertutup.

7. Tidak ada tingkatan aman terhadap paparan asap rokok. Satu-satunya cara melindungi diri dari efek berbahaya menjadi perokok pasif adalah dengan menciptakan lingkungan yang 100 persen bebas asap rokok. Hal ini diatur dalam pasal 8 Framework Convention on Tobacco Control yang dinyatakan oleh WHO.

8. Ada lebih dari 4000 bahan kimia dalam asap tembakau. Sekitar 250 bahan kimia telah diketahui berbahaya bagi kesehatan dan lebih dari 50 bahan kimia berpotensi menyebabkan kanker. Laporan menunjukkan bahwa ada sekitar 600.000 kematian yang dialami oleh perokok pasif per tahunnya.

9. WHO kini mulai mencanangkan ketentuan untuk mengendalikan penggunaan tembakau di dunia. Hal ini berguna melindungi orang yang bukan perokok menjadi perokok pasif oleh ulah para perokok yang tidak bertanggung jawab.

Ku mohon, izinkan kami menghirup udara yang segar.....  Berhenti merokok dan Jaga Bumi kita....


Jatinangor,
18 November 2012
gado-gado cerita tadi malem.... 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar