Minggu, 05 Mei 2013

Bila Anak, masih Ngacay ?

" Ya akibat waktu hamil, lagi ngidam ga dituruti sama si papa jadinya anaknya ngacay deh ?" gimana mau dituruti ngidamnya pengen dibeliin mobil Lamborghini.. hahaha.. Becanda ding... Di masyarakat banyak menganggap kalau anak yang memiliki kebiasaan ngacay disebabkan saat dalam kandungan tersebut punya keinginan tapi tidak terkabulkan. Jadi apapun keinginan sang ibu suka dituruti deh, tapi harus rasional juga sih,, kalau minta yang aneh-aneh bingung juga kan. Pernah tetangga saya lagi hamil pengen makan daging monyet, padahal monyet kan haram tapi karena mengatasnamakan "ngidam", suaminya ngasih juga. Kalau dipikir-pikir enak juga ya hamil apapun keinginan dituruti, nanti kalau hamil ngidamnya gini ah "Ayah, anak kita pengen lebih deket lagi sama Allah, mau ibadahnya tepat didepan rumah Allah... kita umroh yuk.." atau ga "Ayah, aku tadi malam mimpi lihat masjid aya sophia kayaknya anak kita pengen kesana deh ayah, kita jalan-jalan ke turki yuk.." atau ga "Ayah,,, pengen.... " yang jelas kalau gini mah pasti modus dah, bukan anaknya yang mau tapi bundanya... hahaha...

Kembali ke topik, dalam istilah kedokteran Ngacay itu sama dengan Drooling. Drooling adalah istilah air liur yg mengalir ke luar dari mulut. Menurut dr Retno Saraswati, SpA,MKes, Spesialis Anak RS Meilia dalam http://forum.republika.co.id, beberapa penyebab doorling, yaitu :
- Tidak Dapat Menahan Air Liur
- Masalah dalam Menelan
- Produksi Liur Meningkat
- Flu atau Alergi
- Tumbuh Gigi Stimulasi Liur
- Infeksi Naikan Produk Liur
- Problem Saraf

Tips mengatasi doorling :
- Ingatkan untuk Menutup Mulut
- Posisi Dagu di Angkat
- Ingatkan Menelan Air Liur
- Hindari Makan Manis karena makanan manis stimulasi Liur

Jadi, benarkah saat ngidam yang tidak dituruti menyebabkan anak ngacay? jawab aza sendiri ya.. hehe.. Kalau ngomongin masalah ngidam, penyebab ngidam belum diketahui secara pasti. Jawaban rasional penyebabnya mungkin karena saat hamil hormon-hormon dalam tubuh meningkat , antara lain meningkatnya kadar progesteron. Naiknya kadar hormon ini berpengaruh pada fungsi dan metabolisme tubuh, salah satunya pada organ pencernaan dan produksi air liur. Makanya banyak  perempuan yang hamil muda suka makan makanan yang rasanya tajam seperti asin dan manis. Tapi kalau keinginan mau jalan-jalan atau minta dibeliin sesuatu.. hormon apa ya yang bekerja.. ?

Tidak ada komentar:

Posting Komentar